Senin 30 Nov 2015 16:10 WIB

Rumah di Wilayah Tropis Jangan Menghadap Barat

Rep: C07/ Red: Winda Destiana Putri
Perumahan yang baru dibuat
Foto: Republika
Perumahan yang baru dibuat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arsitek dari Studio Arsitektropis, Christianto Jong mengatakan, dalam membangun rumah desain interior rumah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan merupakan aspek penting untuk kenyamanan dan mempengaruhi kualitas kehidupan penghuni rumah selain tentunya struktur bangunan yang kokoh. 

Sirkulasi udara dan penataan cahaya yang baik serta kehadiran ruang terbuka hijau adalah aspek yang perlu diperhatikan saat membangun rumah di iklim tropis seperti di Indonesia.

"Hindari rumah dengan konsep orientasi ke arah barat, karena panas. Lebih baik orientasi ke arah selatan karena paling sedikit cahaya mataharinya," jelas Jong dalam acara Holcim Home Story, Membangun Bersama di Gandaria City, belum lama ini.

Kemudian, sambung Jong, bila memiliki kolam renang juga berada di arah selatan. Karena, kolam memiliki fungsi seperti kaca dan memantul yang mengakibatkan rumah akan terasa panas bila kolam renang maupun kolam ikan bertemu langsung dengan sinar matahari.

Sementara, untuk sebuah taman, sebisa mungkin ada dua jenis tanaman di taman tersebut. Pertama, adalah pohon besar dan rindang yang berfungsi sebagai payung. Sementara pohon jenis kedua, bisa berupa tanaman perdu atau tanaman bunga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement