Ahad 29 Nov 2015 07:08 WIB

Hindari Ini untuk Menghargai Diri Sendiri

Rep: C32/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menghargai hidup dan menghargai diri sendiri
Foto: imgsoup
Menghargai hidup dan menghargai diri sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang sering kali ada yang tidak sadar kalau dirinya tidak menghargai diri sendiri. Seperti dilansir Boldsky, Selasa (24/11) ada beberapa hal yang perlu dihindari agar bisa menghargai diri sendiri.

Mengatakan "Ya" kepada orang lain dengan tidak jujur bisa menjadi kelemahan diri sendiri. Perlu diingat, dalam beberapa keadaan pasti akan muncul ketika mengucapkan "Ya", mungkin sebenarnya mengatakan "Tidak" untuk diri sendiri.

Selain itu jangan juga berusaha menampakan diri kita agar terlihat lebih baik di depan orang lain. Hal tersebut juga sama saja tidak menghargai diri sendiri karena secara tidak langsung seperti tidak menerima apa yang sudah ada di dalam diri sendiri.

(Baca: Ladies, Sudahkah Menjadi Diri Sendiri? Ini Dampaknya)

Ketiga, jangan selalu setuju dengan apa yang dikatakan orang lain. Jika memiliki pendapat sendiri maka harus diungkapkan. Jangan sampai menjadi pribadi yang seperti mengikuti arus.

Tak hanya itu, selanjutnya jangan telan mentah-mentah apa yang dinasihati orang lain. Mengikuti nasihat memang baik, namun jika melakukannya tanpa memikirkan terlebih dahulu sama saja tidak menghargai diri sendiri.

Menyembunyikan perasaan yang seharusnya diungkapkan juga tidak baik. Jika ada yang menyakiti maka harus tunjukkan jika memang tidak bisa menerima perlakuan tersebut.

Janganlah selalu membuat orang lain senang tanpa memikirkan kebahagian diri sendiri. Berbuatlah tindakan yang masuk akal, bukan berarti membuat orang lain bahagia namun menyebabkan diri sendiri menderita.

Terakhir, cobalah berbaur dengan orang-orang yang mempunyai ide sama dengan diri sendiri. Jangan membuat diri sendiri selalu berusaha lebih baik untuk orang lain. Lebih baik sendirian daripada mempunyai teman yang buruk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement