Rabu 25 Nov 2015 14:43 WIB

Tak hanya Fisik, Yoga Juga Menyehatkan Jiwa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Senam Yoga.
Foto: Reuters/Francois Lenoir
Senam Yoga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yoga termasuk olahraga yang memiliki manfaat ganda. Selain untuk kesehatan fisik, yoga juga baik untuk kesehatan jiwa.

Hal tersebut diungkapkan oleh guru yoga dari studio yoga Gudang-gudang di Jakarta, Deera Dewi. Menurutnya, manfaat yoga yang jelas dari sisi fisik bisa memperbaiki postur tubuh lebih tegak.

Kemudian bukan hanya menguatkan tapi juga melenturkan kelenturan. Jadi bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan tubuh. (Baca: Ibu Hamil Boleh Ikut Yoga, Asal...)

"Semua gerakannya itu memang memijat organ-organ dalam tubuh. Bahkan yang gerakannya twisting itu membantu detoksifikasi, memperbaiki pencernaan dan memperbaiki metabolisme tubuh. Juga bisa untuk terapi misalnya mengontrol tekanan darah," jelasnya kepada Republika Online di festival yoga, Namaste Festival di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lalu apa manfaat yoga untuk kejiwaan? Ia mengatakan karena sifatnya merilekskan, tujuan awal yoga memang keseimbangan fisik dan mental. Jadi disetiap akhir sesi yoga pasti ada relaksasi lima menit atau sepuluh menit, ada juga yang meditasi.

"Nah itu memang untuk melepaskan semua rasa tidak nyaman bukan hanya dari dalam tubuh tapi juga dari dalam jiwa," ujarnya.

Dengan cara itu, ucap dia, kita bisa lebih fokus. Selain itu juga pikiran lebih jernih sehingga bisa memutuskan setiap langkah lebih bijaksana.

Baca juga info terkait kesehatan, unik dan jalan-jalan disini:

Ini Pentingnya Ajari Kebersihan kepada Anak Sejak Dini

Wiiih... Satpam Imut Ini Buat Netizen Terpesona

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement