Rabu 11 Nov 2015 14:37 WIB

Koleksi H&M X Balmain Laris dengan Harga ‘Gila’ di eBay

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Pengunjung meninggalkan toko H&M di Spanyol menenteng koleksi terbaru retail Swedia yang berkolaborasi dengan rumah mode Balmain.
Foto: EPA
Pengunjung meninggalkan toko H&M di Spanyol menenteng koleksi terbaru retail Swedia yang berkolaborasi dengan rumah mode Balmain.

REPUBLIKA.CO.ID, Ritel mode Swedia, H&M, baru saja merilis koleksinya dengan rumah mode Balmain. Kamis lalu, hanya satu jam setelah diluncurkan di seluruh dunia koleksinya bermunculan di lapak eBay. Harga yang ditawarkan pun mengejutkan, bahkan jauh melebihi harga produk Balmain.

Toko di sepanjang dunia memperlihatkan pelanggan antri sejak beberapa jam sebelumnya toko H&M dibuka, malahan ada yang bermalam di depan toko untuk mendapatkan koleksi tersebut. Mereka berkemah bersama teman-teman selama dua malam di toko Jalan Oxford, London. Dan beberapa antrian dikabarkan sudah dimulai lebih awal bahkan sejak Senin malam di Singapura, itu berarti mereka tidur di jalan selama tiga malam.

Pelanggan hanya diperbolehkan berada di dalam toko sebanyak 20 orang dalam satu waktu dan diberi hanya 10 menit untuk berbelanja.

Itulah kegembiraan masyarakat untuk koleksi kolaborasi desainer dengan H&M.  Diantara antrian juga biasanya terdiri dari para penjual yang mendapatkan koleksi edisi terbatas untuk dijual kembali pakaiannya dengan harga dua kali lipat.

(baca: Iklan H&M Gunakan Model Berkerudung untuk Pertama Kalinya)

Seperti di eBay di mana pedagang benar-benar bisa mendapatkan banyak uang. Jaket manik-manik mutiara, yang dikenakan oleh Gigi Hadid, dan Kendall Jenner, dijual di toko ritel sekitar 399,99 poundsterling, kemudian dijual di ebay seharga 3.300 poundsterling dan itu setelah 29 penawaran.

Koleksi edisi terbatas ini masih terus membanjiri toko online, semua harga dibanderol dengan harga dua kali atau tiga kali lipat dari harga ritel di toko. Beberapa dari pakaian bahkan lebih mahal daripada standar harga Balmain. Misalnya, sepatu bot tinggi yang harga aslinya 199,99 poundsterling, sekarang dijual secara online seharga 1.200 poundsterling.

Jika Anda tak mungkin membeli pakaian yang harganya ‘gila’ itu, mungkin Anda bisa memiliki gantungan beludru hitam dari kolaborasi ini untuk menggantung pakaian Anda. Gantungan ini sekarang dijualnya seharga lima poundsterling.

Membeli dan menjual kembali koleksi kolborasi ini bukanlah suatu fenomena baru. H&M menyadari bahwa aksi penjualan kembali di ebay merupakan bagian dari keberhasilan kolaborasi.

Tahun lalu, koleksi kolaborasi Alexander Wang for H&M laku keras dalam beberapa jam. Juga dijual dengan harga dua kali lipat di ebay.

Misalnya sebuah jaket silver puffa yang di toko harganya sekitar 249,99 poundsterling. Dijual 599,99 poundsterling di ebay, dikutip dari Independent.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement