Rabu 28 Oct 2015 11:37 WIB

Tiga Langkah Bebaskan Rambut dari Minyak Berlebih

Rep: C30/ Red: Indira Rezkisari
Menyikat pori kepala membantu mengurangi minyak dari akar rambut dan menghasilkan rambut tidak terlalu berminyak.
Foto: EPA
Menyikat pori kepala membantu mengurangi minyak dari akar rambut dan menghasilkan rambut tidak terlalu berminyak.

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap helai ambut memiliki kelenjar minyak masing-masing dan hal ini tidak dapat diubah. Yang bisa dilakukan adalah mencegah kandungan minyak ini menjadi berlebihan dan menyebabkan rambut Anda lepek.

Dilansir dari Shape, Rabu (28/10), ada tiga langkah yang bisa Anda lakukan demi mencegah minyak pada kulit kepala Anda mengganggu aktivitas dan juga mengganggu mood Anda.

Pertama, setiap kali membasuh rambut kepala, cobalah untuk menggunakan sikat dengan bulu yang lembut. Sikat rambut Anda selama 2-3 menit dan jangan berlebihan. "Dengan menyikat pori kepala akan mengambil minyak dari akar rambut dan membuat rambut terpisah setiap helainya," ujar Philip B, penata gaya dan ahli rambut.

Kedua, menggunakan sampo kering untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih. Semprotkan dry shampoo atau sampo kering pada rambut dengan jarak 30-40 cm. Selain untuk mencegah minyak berlebih, dry shampoo menjadi solusi bagi kesibukan waktu Anda yang tidak sempat untuk mencuci rambut. Cara pemakaiannya mudah, cukup kocok terlebih dahulu kemudian semprotkan merata pada rambut.

Ketiga, menggunakan toner untuk kulit kepala. Gunakan toner dengan bahan astringent seperti witch hazel, sehingga membantu mengurangi minyak yang berlebihan dan membuat kulit kepala menjadi lebih segar dan bersih.

Gosokkan toner ke kulit kepala namun sebelumnya harus dicuci bersih terlebih dahulu, sehingga kandungan toner dapat masuk dan meresap ke dalam kulit kepala.

Setelah itu keringkan dengan diangin-anginkan usahakan jangan menggunakan pengering rambut dan juga hindari mengeringkan rambut menggunakan handuk dan menggosok-gosoknya terlalu berlebihan, karena kan menyebabkan rambut mudah rontok dnegan kondisi kulit kepala yang lembap.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement