Rabu 28 Oct 2015 07:20 WIB

Rambut Berminyak? Ini Cara Menyingkirkannya

Rep: c30/ Red: Andi Nur Aminah
Ada beragam tipe rambut, masing-masing harus diperhatikan perawatannya agar rambut indah.
Foto: gurl.com
Ada beragam tipe rambut, masing-masing harus diperhatikan perawatannya agar rambut indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produksi minyak berlebih pada rambut, tentu saja sangat menyebalkan. Karena rambut akan cepat menangkap debu dan kotoran sehingga membuatnya cepat lepek dan menimbulkan bau tidak sedap.

Rambut yang banyak mengeluarkan minyak, umumnya terjadi pada mereka yang memiliki tekstur rambut yang tebal. Sehingga produksi minyak di kulit kepala jauh lebih besar ketimbang mereka yang memiliki rambut tipis. 

Masalah ini kerap menggangu para perempuan dengan rabut tebal. Tak heran, jika setiap ada iklan shampoo yang menawarkan solusi jitu mencegah rambut lepek atau menghilangkan minyak berlebih kedengarannya sangat menjanjikan. Namun apakah Anda harus mencuci rambut setiap hari demi menghindari minyak tersebut?

Dilansir dari Shape, Rabu (28/10), sebuah teori mangatakan, "Jenis kulit kepala ada tiga, yakni berminyak, normal, dan kering. Anda, tidak bisa mengubahnya," ujar Trichologist Anabel Kingsley. 

Artinya, dengan mencuci rambut setiap hari tidak akan sekonyong-koyong dapat mengubah tekstur kulit kepala Anda. Karena, setiap folikel rambut memiliki kelenjar minyak tersendiri. 

Rambut yang tipis memiliki banyak ruang untuk kulit kepala Anda. Udara pun bebas keluar masuk. Sedangkan mereka yang dengan helai rambut tebal, sering kali merasa berat dan mudah berminyak karena terlalu lembab.

Philip B, stylist dan ahli kulit kepala menawarkan sebuah solusi unik. Dia mengatakan, solusi melawan minyak berlebih di kepala dengan minyak. Loh kok bisa? "Minyak peppermint telah terbukti mampu memecah produksi sebum kulit kepala Anda," ujar Philip B. 

Sebum sendiri merupakan kelenjar minyak yang berfungsi melindungi element rambut dan mengatur keseimbangan kelembaban. Mungkin teori ini sedikit berlawanan dengan nutrisi. Namun ini telah terbukti dan merupakan cara efektif untuk menghilangkan sebum yang berat pada kulit kepala.

Minyak peppermint juga memiliki bau yang menyegarkan dan memiliki unsur pendingin. Sehingga setelah menggunakannya rambut dan kulit kepala Anda terasa segar, benar-benar nampak bersih dan ringan. Ajaibnya, esok hari rambut Anda juga tetap bersih dan tidak lagi ditemukan minyak yang menggangu mood Anda.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement