Senin 26 Oct 2015 08:25 WIB

Dua Kata Paling Penting dalam Keharmonisan Rumah Tangga

Rep: Puti Almas/ Red: Indira Rezkisari
 suami istri (ilustrasi)
Foto: Republika/Mardiah
suami istri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat kita memiliki masalah dengan pasangan ucapkanlah terima kasih. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengucapkan kata-kata itu adalah cara terbaik untuk menjaga keharmonisan suatu hubungan.

Terima kasih adalah kata yang menunjukkan penghargaan terhadap seseorang. Karena itu, ucapan ini diyakini bisa menangkal dampak negatif dari sebuah konflik.

Seperti diketahui, terima kasih juga biasanya diungkapkan oleh seseorang saat mensyukuri sesuatu hal. Karena makna inilah, saat kata-kata itu mampu membawa pengaruh positif, sekalipun dua orang telah bertengkar hebat dan mempertahankan ego masing-masing.

"Rasa syukur yang ditunjukan dengan ucapan terima kasih bisa membantu hubungan kembali berjalan baik meski dua orang telah melewati berbagai konflik," ujar peneliti utama dalam studi itu sekaligus peneliti di UGA'S Centre for Family Research, Allen Barton, dilansir dari Independent.

Studi ini melibatkan 468 pasangan yang telah menikah. Mereka diberikan beberapa pertanyaan terkait kehidupan rumah tangga, meliputi keadaan ekonomi dan kesejahteraan yang dimiliki. Selain itu, baik suami maupun istri diberi pertanyaan apakah mereka lebih memilih untuk menuntut atau menarik diri dari mengkomunikasikan dan mengekpresikan rasa syukur.

Dari penelitian tersebut, terbukti ungkapan syukur yang didapatkan dari pasangan adalah hal yang paling penting. Sebagai individu, ucapan itu seperti bentuk penghargaan paling tinggi bagi diri kita selaku manusia. Hal ini juga jadi indikator utama yang dapat menjaga kualitas pernikahan.

Studi yang menunjukan bahwa rasa dihargai oleh pasangan bisa menyelamatkan sebuah hubungan ini adalah yang pertama kalinya dilakukan. Menurut Allen, sangat penting untuk mencari solusi praktis untuk menyelesaikan konflik dalam rumah tangga yang selama ini sering terjadi.

"Tentunya mengetahui hal ini adalah hal penting, khususnya untuk pasangan yang sering kali sulit berkomunikasi satu sama lain," jelas Allen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement