Senin 19 Oct 2015 11:54 WIB

Ondel-Ondel Hingga Patung Pancoran Jadi Inspirasi Zaskia Sungkar

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Zaskia Sungkar
Foto: ROL/Rakhmawaty Lalang
Zaskia Sungkar

REPUBLIKA.CO.ID, Zaskia Sungkar, selebritis yang sedang eksis dalam bisnis busana Muslim ini akan kembali menunjukkan eksistensinya. Kali ini ia akan ikut partisipasi dalam ajang bergengsi Jakarta Fashion Week (JFW) 2016.

Di JFW ia akan menampilkan koleksi busana bertema Betawi. Zaskia mengaku meskipun berdarah Minang, tapi dirinya lahir di Jakarta dan mencintai tanah Jakarta. Karena itu, ia ingin menggambarkan suasana kota Jakarta yang dulu bernama Batavia.

“Jakarta adalah kota besar, kota yang sibuk dan modern. Dibalik modern itu masih terdapat tradisi yang kuat, yaitu tradisi budaya Betawi,” ungkapnya kepada wartawan dalam media gathering Wardah Cosmetics di Jakarta, Ahad (18/10).

Zaskia membuat busana dengan kain bermotif budaya Betawi. Mulai dari gambar ikon Betawi, yaitu ondel-ondel, ada pula gambar patung pancoran dan tak ketinggalan gambar monas khas Jakarta.

Walaupun menggunakan kain tradisional, Zaskia tetap membuat koleksi busana yang modern, cuttingnya dibuat modern. Jadi perpaduan pola tradisional dan potongan modern. “Tujuan Saya ingin mengajak anak muda bahwa kita punya kain yang indah dibanding kain modern,” ujarnya.

Koleksinya ini sebenarnya adalah lanjutan dari koleksi yang sudah ia pamerkan di Oxford Fashion Studio (OFS) London. Ia ingin menunjukkan Batavia di London. Hanya di sana ia lebih fokus kepada busana yang dipakai untuk acara tertentu, sedangkan koleksi busana yang akan dipamerkan di JFW, lebih kepada koleksi siap pakai.

Untuk segi warna, Zaskia akan menggunakan dominan warna putih karena ini memang warna kesukaannya. Di samping itu, ia akan menggunakan warna turquoise sesuai dengan warna ikonik dari Wardah Cosmetics yang memang berkolaborasi dengannya dalam JFW.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement