Jumat 18 Sep 2015 11:35 WIB

8 Budaya Ini Dipandang tak Sopan di Negara Lain (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Etika membuka kado tidak sama di berbagai negara. Bila di AS membuka kado di hadapan pemberinya dipandang baik-baik saja, tidak begitu dengan di Cina atau India.
Foto: flickr
Etika membuka kado tidak sama di berbagai negara. Bila di AS membuka kado di hadapan pemberinya dipandang baik-baik saja, tidak begitu dengan di Cina atau India.

REPUBLIKA.CO.ID, Beda negara beda budaya. Satu budaya yang mungkin dianggap biasa di Indonesia ternyata bisa dikategorikan kasar di negara lain. Kuncinya adalah Anda perlu mengetahui setidaknya delapan kebiasaan atau budaya yang terkesan umum, namun dipandang tak sopan di sejumlah negara, dilansir dari Mother Nature Network, Jumat (18/9).

Memberi uang tip

Uang tip antarnegara itu bervariasi. Sebagian negara Eropa,Timur Tengah, dan Australia menilai uang tip itu hanya bonus untuk orang yang membantu Anda. Di Jepang, memberi uang tip untuk sopir taksi, pelayan restoran, atau tempat cuci mobil dianggap tidak sopan. Tip di negara ini akan dianggap seolah Anda menghina dan tidak mendapatkan pelayanan terbaik.

Membuka kado di depan si pemberi

Di Amerika Serikat, membuka kado langsung di depan si pemberi adalah cara mengekspresikan suka cita dan rasa terima kasih untuk mereka. Namun, di Cina, India, dan negara Asia lainnya, membuka kado biasanya dilakukan secara pribadi. Membuka hadiah di depan umum dipandang norak dan tidak bisa mengontrol diri. Di Cina, seseorang yang memberikan hadiah tanpa dibungkus atau dikemas juga dianggap kasar.

Menggunakan tangan kiri

Anda mungkin pernah mendengar bahwa di beberapa negara dunia, seperti Timur Tengah, sebagian Afrika, India, bahkan Indonesia, bersalaman atau menggunakan tangan kiri dianggap tak sopan atau jorok. Alasannya masuk akal. Tangan kiri biasanya digunakan untuk hal-hal kotor, misalnya buang air kecil dan buang air besar.

Hal ini berbeda dengan Ghana. Menunjuk atau memegang sesuatu dengan tangan kiri adalah sebuah kebiasaan normal. Orang-orang di sana bahkan bersalaman dengan tangan kiri.

Mengembus hidung

Di Amerika Serikat (AS), mengembus hidung di depan umum bisa diterima selama menggunakan tisu atau sapu tangan. Namun, di Saudi Arabia, Prancis, Cina, dan Jepang, mengembus hidung di depan umum dianggap menjijikkan.

Di Cina dan Jepang, mengembus hidung di depan umum, meski memakai sapu tangan dan tisu sekalipun tetap saja dipandang tak sopan. Dalam bahasa Jepang, itu disebut 'hanakuso' atau 'kotoran hidung.' 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement