Kamis 17 Sep 2015 06:47 WIB

Perencana Keuangan Ingatkan tak Tergoda Cicilan Nol Persen

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Seorang klien berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk merumuskan strategi keuangannya.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Seorang klien berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk merumuskan strategi keuangannya.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda sering melihat iklan barang dengan bunga nol persen? Menarik bukan? Anda bisa mengambil kredit tanpa kena bunga.

Perencana keuangan independen, Boy Hazuki, mengungkapkan, akhir pekan lalu ia iseng melihat salah satu koran nasional. Di satu halaman belakang, isinya iklan elektronik dengan penawaran bunga nol persen dengan menggunakan kartu kredit Bank X, Y dan Z. Ada TV, kulkas, kamera, beragam gadget serta perlengkapan rumah tangga lainnya yang semuanya sangat menggoda. Pertanyaannya apakah benar nol persen itu?

Ia menjelaskan ambil contoh TV 60 inch, harga penawaran  kurang lebih Rp 22 juta, kalau bayar dengan cicilan bunga nol persen dengan kartu kredit X, sebesar Rp 1,8 juta selama 12 bulan. Sementara itu jika kita lihat di toko sebelah yang menawarkan produk yang sama tanpa iming-iming bunga nol persen dari kartu kredit tertentu, nilainya ‘hanya’ sebesar Rp 20,6 juta.

"Kalau kita hitung dengan metode time value of money, cicilan Rp. 1,8 juta selama 12 bulan maka kalkulasi saya, bunganya adalah 17,3 persen. Selisih antara Rp 22 juta dengan Rp 20,6 juta itulah bunga sebenarnya, yang dibundling dengan harga jual, dan dimasukkan sebagai komponen cicilan. Tidak ada makan siang gratis," ungkapnya kepada Republika.co.id, Kamis (17/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement