Ahad 13 Sep 2015 06:50 WIB

Kesalahan Bahasa Tubuh yang tak Pernah Dilakukan Orang Sukses

Rep: C34/ Red: Citra Listya Rini
Berjabat tangan.
Berjabat tangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanpa disadari, bahasa tubuh memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa gerakan tubuh sederhana dalam interaksi santai dengan orang asing hingga pertemuan formal dengan rekan kerja, bisa mengungkap siapa Anda sebenarnya.

Bagi orang-orang percaya diri dan sukses, bahasa tubuh yang positif cenderung sudah menjadi bagian dari mereka. Namun, barangkali tak sedikit dari Anda yang belum menyadari bahwa gestur-gestur di bawah ini sebaiknya dihindari:

1. Takut Melakukan Kontak Mata

Kurangnya kontak mata dapat menunjukkan bahwa Anda kurang percaya diri atau punya kecenderungan menyembunyikan sesuatu. Saat berkomunikasi, jagalah kontak mata untuk menyampaikan keyakinan, kepemimpinan, dan kekuatan.

2. Jabat Tangan Lemah

Meskipun hanya berlangsung beberapa detik, cara menjabat tangan yang buruk dapat meninggalkan kesan abadi. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Iowa pada tahun 2008 menemukan bahwa perusahaan kerap menilai baik pelamar kerja yang menjabat tangan dengan kuat dan percaya diri.

3. Membungkuk

Membungkuk adalah sinyal postur tubuh yang menunjukkan Anda memiliki tingkat energi yang rendah. Karena itu, tegakkan bahu Anda dan bentuklah postur yang baik agar memaksimalkan aura kontrol dan penegasan Anda.

4. Menyilangkan Tangan

Tangan yang bersilang bisa dimaknai sebagai penghalang fisik yang menunjukkan Anda tidak terbuka terhadap apa yang orang lain katakan, sekaligus memperlihatkan sikap defensif. Jika Anda ingin orang-orang melihat Anda sebagai berpikiran terbuka dan antusias, gestur terbaik adalah menjaga tangan ada di sisi tubuh.

5. Gerakan Berlebihan

Gerakan berlebihan akan mengesankan Anda sedang kacau atau mengingkari kebenaran. Cobalah mengontrol gerakan tangan Anda dengan elegan untuk menunjukkan kepemimpinan dan kepercayaan diri.

6. Gelisah

Bermain dengan rambut, menggigit bibir, atau menekan jari di atas meja, termasuk gestur yang menunjukkan kegelisahan. Dalam sebuah survei terhadap 2.100 manajer perekrutan yang dilakukan oleh CareerBuilder, teridentifikasi bahwa gestur gelisah dianggap sebagai kecerobohan terbesar yang dilakukan oleh pencari kerja.

7. Menyerang Ruang Pribadi

Berdiri terlalu dekat dengan seseorang menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki pemahaman tentang ruang pribadi.Perhatikan jarak yang tepat untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, kenalan, dan orang asing, agar orang lain nyaman berkomunikasi dengan Anda.

8. Tidak Tersenyum

Tersenyum menunjukkan kepercayaan, keterbukaan, dan energi. Dalam komunikasi dan interaksi, tersenyum akan memicu neuron cermin pada orang lain dan memerintahkan mereka untuk tersenyum kembali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement