Ahad 13 Sep 2015 08:00 WIB

Cara Menggunakan Sumpit dengan Benar

Sumpit (Ilustrasi)
Foto: Yahoo
Sumpit (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Makan Sushi identik dengan menggunakan sumpit. Menggunakan alat makan yang satu ini seperti mengayuh sepeda, jika tidak bisa maka sumpit tersebut akan jatuh berulang kali.

Sumpit merupakan dua stik yang terpisah dan digunakan sebagai alat bantu dalam mengonsumsi makanan. Di negara seperti Jepang dan China menggunakan sumpit adalah suatu kewajiban saat mengonsumsi makanan.

Jika belum terbiasa menggunakan sumpit, pasti akan bingung untuk memegangnya dengan benar dan tak jarang sumpit sering jatuh. Setelah mendapat gerakan yang benar, sumpit Anda tidak akan jatuh dan tidak membuat diri Anda merasa malu ketika makan Sushi.

Berikut tips memegang sumpit dengan benar seperti dilansir oleh Yahoo Ahad (13/9).

Pegang sumpit seperti pensil

Ambil satu sumpit dan menempatkannya di tangan Anda seperti memegang pensil. Letakkan sumpit tersebut di antara jari telunjuk dan ibu jari. Regangkan sumpit untuk mendapatkan celah dalam mengambil makanan.

Luruskan sumpit kedua dengan yang pertama

Sekarang, ambil sumpit yang kedua, masih sama letakkan di antara jari telunjuk dan ibu jari. Bedakan sedikit peletakannya, perpanjang ke bawah sumpit kedua agar mudah saat mengambil makanan yang akan dikonsumsi.

Mulai Gerakkan secara perlahan

Gunakan ujung ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah untuk menaikkan dan menurunkan sumpit kedua sehingga bertemu dengan batang sumpit yang pertama. Gerakan kedua sumpit tersebut dengan mengencangkan serta mengendurkan genggaman sumpit.

Praktek dengan makanan yang berbeda

Lakukan pertama kali dengan makanan yang lebih besar, seperti sushi. Makanan tersebut mudah diraih karena lebih besar, sebelum Anda lebih sulit menggunakan sumpit untuk mengonsumsi makanan yang lebih kecil, seperti mie dan nasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement