Kamis 10 Sep 2015 14:07 WIB

Arsip Online Paparkan Isi Wasiat Putri Diana

Putri Diana meninggal dalam kecelakaan tragis beberapa tahun lalu, meninggalkan anak-anaknya yang saat itu masih belia.
Foto: EPA
Putri Diana meninggal dalam kecelakaan tragis beberapa tahun lalu, meninggalkan anak-anaknya yang saat itu masih belia.

REPUBLIKA.CO.ID, Hanya dengan 15 dolar AS Anda kini bisa memiliki sepenggal sejarah. Salah satunya adalah isi wasiat Putri Diana yang tersedia di arsip online.

Pembagian properti Diana yang mencakup nilai 30 juta dolar AS kepada putranya William dan Harry cuma satu dari 41 juta wasiat yang tersimpan di situs arsip online Inggris. Wasiat yang tersimpan merentang hingga tahun 1858.

Dikutip dari Today, Kamis (10/9), wasiat tersebut disimpan dalam arsip publik yang bisa diakses secara online. Wasiat asli disimpan dengan penjagaan ketat di ruang dengan kontrol temperatur di Birmingham, Inggris.

Menyusul kematian Diana di usia 36 tahun dalam kecelakaan di Paris, isi wasiatnya mengatakan ibu Diana akan dimintai pendapatnya mengenai pendidikan putra-putranya. Juga uang sebesar 80 ribu dolar AS yang tidak dipotong pajak akan diberikan kepada pelayan setianya Paul Burrell.

"Diana menginginkan anak-anaknya dihujani dengan cinta. Ia ingin memastikan itu," ujar Robert Jobson, penulis buku 'The Royal Family'. Kenyataan itu yang membuatnya sangat sedih ketika harus berpisah dengan Pangeran Charles. Jobson menilai, karena itu wasiatnya sepenuhnya berisi harapan agar anak-anaknya dirawat dengan baik.

Gaun pengantin Diana yang ditaburi ribuan mutiara ditinggalkannya pada William dan Harry. Sedangkan harta seperti lukisan dan jam dibagi kepada 17 anak wali Diana.

Dalam arsip online itu terdapat pula beberapa nama populer. Misalnya, Winston Curchill, serta pengarang Winnie the Pooh AA Milne.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement