Kamis 03 Sep 2015 10:01 WIB

Jangan Cuma Simpan Swafoto, Dokumen Ini Penting Terfoto Pula

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Simpan foto paspor di ponsel, terutama ketika sedang kepergian untuk memudahkan seandainya dokumen penting ini hilang.
Foto: flickr
Simpan foto paspor di ponsel, terutama ketika sedang kepergian untuk memudahkan seandainya dokumen penting ini hilang.

REPUBLIKA.CO.ID, Anda pasti tahu kamera telepon seluler (ponsel) bisa digunakan lebih dari sekadar swafoto atau selfie. Salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan dengan kamera Anda adalah mengambil gambar untuk dokumen-dokumen dan barang-barang penting milik Anda. Jadi Anda tidak akan pernah khawatir untuk lupa identitas Anda. Misalnya Anda kehilangan SIM atau  dokumen penting lainnya. 

Tentu saja, Anda sendiri yang bisa menentukan dokumen mana yang penting untuk Anda, tapi paling tidak artikel yang dilansir dari laman Allwomenstalk, Kamis (3/9) memberi panduan dokumen atau barang penting apa yang sebaiknya terfoto di galeri ponsel Anda.

Paspor

Paspor adalah satu dari sekian banyak gambar penting yang harus disimpan dalam ponsel Anda. Tanpa paspor atau jika Anda pelesiran dan tiba-tiba menemukan diri Anda tanpa pasport, maka Anda tidak akan berhenti mendapatkan masalah. 

Di kebanyakan negara  paspor merupakan barang wajib yang harus ditunjukkan ketika polisi datang menghampiri Anda untuk bertanya. Atau Anda juga bisa menggunakan identitas lain. Memiliki cadangan nomor pasport dan tanggal kedaluwarsanya itu sangat baik. 

SIM pengemudi

SIM merupakan dokumen yang sangat penting yang harus ada dalam galeri gambar di ponsel Anda. Kebanyakan orang menggunakan dokumen ini sebagai identitas utama mereka. Ketika mereka ingin membuktikan usia mereka di bar, mengkonfirmasi nama mereka dan kebangsaannya untuk memesan hotel atau mengisi formulir untuk pekerjaan atau pensiun atau manfaat lain yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Identitas atau kartu pelajar

Jika Anda masih sekolah atau kuliah, tentu saja identitas diri Anda sebagai pelajar dan mahasiswa juga penting berada di galeri kamera Anda. Atau penting juga identitas pelajar milik anak-anak Anda. Jadi ketika dibutuhkan segera, Anda tak perlu repot. Cukup membuka galeri ponsel Anda. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement