Senin 31 Aug 2015 11:34 WIB

Keren! Truk Ini Bisa Berubah Fungsi Jadi Panggung Mewah

Salah satu bentuk panggung dari truk Budaicia
Foto: Dok.Budaicia
Salah satu bentuk panggung dari truk Budaicia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Truk selama ini identik dengan fungsinya sebagai moda transportasi pengangkut barang. Akan tetapi dengan sentuhan teknologi, truk juga bisa berubah fungsi yang jauh dari kegunaan utamanya.

Salah satunya menjadi panggung yang lengkap dengan elemen pendukung seperti sound system dan lighting.

Truk tersebut diberi nama Budaicia (baca: Butaicia). Tampilan truk ini layak pada umumnya. Namun dengan teknologi hidrolik, bagian belakang truk bisa berubah menjadi panggung pertunjukkan.

Hanya dengan satu tombol, bagian belakang truk (box) akan terbuka bagian demi bagian dan membentuk panggung dengan lebar 8,5 meter dan tinggi 6 meter.

Rahmat Nugraha Salim, owner dari Budaicia mengatakan, Indonesia adalah negara dengan tingkat pertunjukkan yang tinggi. Hal tersebut tidak lepas dari budaya yang sangat beragam di Indonesia. Seni pertunjukkan, seperti musik dan tari sudah menjadi tradisi sejak zaman nenek moyang.

"Karena itu kami melihat pasar dari panggung yang mobile seperti ini sangat besar. Meski hanya di lapangan terbuka atau pinggir jalan, selama truk bisa memasuki area, segala jenis pertunjukan bisa digelar," ujar Rahmat saat peluncuran Budaicia beberapa waktu lalu.

Selain sistem hidrolik yang memungkinkan hadirnya panggung, truk berdaya listrik antara 30-35 kw ini ditunjang lampu LED 24 v dan voltase rendah 110 volt sehingga mampu bekerja optimal secara digitalize.

"Selain ukuran standar, Budaicia juga ada pilihan besaran panggung dengan kendaraan tronton atau juga 40 feet kontainer. Design panggung juga dapat disesuaikan dengan keinginan," kata dia.

Sementara Cindy Kartikasari selaku mitra dari Budaicia mengatakan, kehadiran teknologi ini akan memenuhi kebutuhan industri hiburan di Indonesia yang terus berkembang. Termasuk memberi efisiensi dari sisi produksi.

"Memotong (ongkos produksi,red) iya, karena tujuannya dengan ini performance bisa sering diadakan," kata dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement