Kamis 27 Aug 2015 08:06 WIB

Tantangan Happy Salma Tuliskan Biografi Desak Nyoman Suarti

Rep: MG ROL 48/ Red: Hazliansyah
Happy Salma
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Happy Salma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya piawai dalam berakting, Happy Salma juga merambah ke beberapa profesi. Anatara lain menjadi sutradara film pendek juga produser untuk acara teater musikal.

 

Selain itu kemampuan Happy dalam menulis buku juga tidak perlu diragukan lagi. Buku Biografi berjudul 'The Warrior Daughter' menjadi bukti sahih ia mampu membuat karya tulis yang hebat.

Bisa menelurkan satu karya tulis terbaru jadi hal membanggakan bagi Happy. Terlebih buku tersebut menggambarkan semangat dan perjuangan seniman Bali yang sangat inspiratif, yaitu Desak Nyoman Suarti.

 

"Tulisan itu tidak akan lekang dimakan waktu," ujar Happy mengatakan pilihannya menulis buku, Rabu (26/8) di Jakarta.

Kendati menikmati proses pembuatannya, Happy juga menemukan kesulitan. Hal tersulit menurut Happy adalah menyatukan data dan cerita yang banyak dan masih tercecer. Oleh karena itu ia membentuk tim dalam proses pembuatan buku tersebut.

 

"Jadi memang saya tidak mungkin memikul begitu banyak tugas ini, jadi saya punya ide, kemudian saya petakan, dan saya tulis. Akhirnya memang membutuhkan waktu yang panjang. Disela-sela saya hamil, melahirkan, saya sempat pentas, saya sempat membuat film, tapi disela-sela itu perlahan tapi pasti saya akhirnya bisa menyelesaikan buku ini," ungkap Happy.

 

Happy berharap tulisan ini menjadi refrensi tentang betapa kayanya motif ragam hias nusantara. Dan juga kisah hidup Desak Nyoman Suarti sebagai sosok perempuan mandiri yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak perempuan di indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement