Rabu 26 Aug 2015 05:47 WIB

Empat Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Manfaat alpukat bagi kecantikan
Foto: Health
Manfaat alpukat bagi kecantikan

REPUBLIKA.CO.ID, Alpukat adalah buah yang dikenal sebagai salah satu sumber kesehatan karena kaya akan antioksidan.

Mengonsumsi buah berwarna hijau ini secara rutin mampu meningkatkan kinerja otak dan menjaga ukuran pinggang tetap ideal. Di samping dua manfaat tersebut ternyata alpukat juga berkhasiat menyehatkan kulit dan rambut.

"Alpukat mengandung banyak vitamin E dan bebas asam lemak yang mengurangi peradangan kulit dan membantu peremajaan kulit," kata Joshua Zeichner yang merupakan direktur kosmetik dan klinik penelitian dermatologi di Mount Sinai Medical Center New York, dikutip dari Health Rabu (26/8).

Alpukat adalah pelembab alami kulit. Minyak alami yang terkandung pada alpukat mampu meresap ke dalam kulit. Minyak alpukat menjaga kulit agar senantiasa lembab sekaligus mengurangi pengelupasan kulit.

Alpukat bermanfaat meredam efek di kulit akibat terbakar sinar matahari. Meski telah mengoleskan sunscreen, tak jarang kulit masih memerah karena paparan sinar matahari. Menurut Zeichner campuran alpukat, krim kortison, dan lidah buaya ampuh mendinginkan kulit yang terpapar matahari.

Alpukat berguna sebagai masker anti-aging. Kandungan vitamin E pada alpukat mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dan menimbulkan kerut.

Buah berdaging kuning ini juga menutrisi rambut yang rusak. Oleskan masker alpukat pada rambut secara teratur dan dapatkan rambut yang lebih lembut.

Secara umum, aplikasi alpukat untuk keempat metode tersebut sangat mudah. Zeichner mengatakan cukup hancurkan setengah buah alpukat dan oleskan di bagian tubuh yang diinginkan. Setelah didiamkan selama 10-15 menit, basuh dengan menggunakan air hangat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement