Senin 17 Aug 2015 02:34 WIB

Cara Mudah Menghindar dari Kecanduan Kopi

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Minum kopi pagi hari (ilustrasi)
Foto: ngerumpi.com
Minum kopi pagi hari (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi merupakan minuman berenergi yang mengandung kafein dan memiliki manfaat menetralisir racun bagi para perokok. Kopi bisa menjadi kebiasaan mahal, serta dapat menimbulkan masalah kesehatan jika Anda mengonsumsi berlebihan.

Mengingat akibat yang ditimbulkan membuat kita takut, bagi pecandu kopi pasti akan sulit sekali untuk mengurangi kebiasaan ini. Berikut tips mengurangi minum kopi seperti dilansir laman Allwomenstalk Senin (17/8).

Kurangi secara bertahap

Bagi sebagian pecinta kopi memang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini karena kopi mengandung kafein yang membuat ketagihan bagi yang minum. Jadi kurangi asupan kopi Anda dalam sehari, misal dalam sehari mengonsumsi dua hingga tiga cangkir ubah menjadi satu cangkir kopi. Cara ini bertahap akan membuat Anda mengurangi minum kopi.

Jangan menyimpan kopi di rumah

Cara lain untuk membantu Anda mengurangi kopi adalah tidak menyimpannya di rumah. Kurangi persediaan kopi di rumah Anda, ketika belanja bulanan hindari untuk minuman berkafein ini. Selain itu hindari membeli kopi instan yang ada di warung dekat rumah.

Mencoba kopi tanpa kafein

Jika biasanya mengonsumsi kopi yang mengandung kafein, kali ini coba kopi yang sama sekali tidak mengandung kafein. Dengan cara ini Anda akan menikmati secangkir kopi tanpa merasa khawatir akan ketagihan.

Pilih minuman pengganti kopi

Memiliki minuman alternatif merupakan salah satu cara untuk mengurangi konsumsi kopi sehingga Anda tidak akan membuat minuman berkafein tersebut. Coba beralih ke minuman teh hijau atau jus buah yang banyak memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement