Sabtu 15 Aug 2015 13:56 WIB

Ladies, Ternyata Perasan Lemon Bikin Kamu Lebih Cantik

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indah Wulandari
Lemon water sangat bermanfaat, terutama bila diminum pagi hari.
Foto: pixabay
Lemon water sangat bermanfaat, terutama bila diminum pagi hari.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Perasan buah lemon tak hanya bermanfaat sebagai bahan pelengkap masakan atau dibuat minuman segar. Buah berwarna kuning ini ternyata menyimpan banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Dikutip dari Women's Health, terdapat 11  manfaat lemon yang dapat kita praktikkan di rumah.

Lemon berfungsi sebagai pelembab alami. Campurkan beberapa tetes air kelapa ke dalam jus lemon. Air kelapa mampu melembabkan kulit sedangkan lemon berfungsi membersihkan dan mencerahkan kulit. Lemon juga berguna mengurangi produksi minyak di wajah.

Lemon dapat mencerahkan lutut dan siku yang kusam. "Gosok lutut dan siku dengan irisan lemon," saran Patrice Coleman, pemilik DaBlot Beauty. Menurutnya, cara tersebut dapat membuat kulit lutut dan siku menjadi lebih cerah.

Jika anda memiliki masalah dengan jerawat membandel, air perasan lemon dapat membantu mengatasinya. Usapkan air perasan lemon pada wajah dan dapatkan kulit wajah yang bersih tanpa jerawat.

Becky Sturm dari StormSister Saptique mengungkap bahwa campuran lemon, minyak esensial daun teh dapat dimanfaatkan sebagai toner alami. "Usapkan di wajah dengan kapas lembut untuk membersihkan kulit," kata Sturm.

Ingin memutihkan gigi tanpa perlu ke dokter gigi? Oleskan campuran air lemon dan baking soda pada permukaan gigi. Setelah itu bilas dengan menggosok gigi seperti biasa. Cara ini jauh lebih murah ketimbang anda pergi ke dokter gigi.

Lemon bahkan mampu menyembuhkan sariawan. Hanya dengan meneteskan air lemon pada daerah yang terkena sariawan maka sariawan akan sembuh lebih cepat.

Lemon yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat juga membantu mencerahkan kulit. Vitamin C adalah antioksidan yang baik untuk menetralkan radikal bebas. "Vitamin C dapat memicu pembentukan kolagen," ungkap dermatologis Marina Peredo.

Aplikasikan jus lemon pada bibir sebelum tidur dan bilas ketika anda bangun di pagi hari. Cara ini membantu kulit bibir meregenerasi sel kulit mati. Namun, dermatologis Gary Goldfaden melarang aplikasi lemon pada bibir yang sedang luka.

Lemon ampuh digunakan untuk memperkuat kuku. Campurkan minyak zaitun dan air lemon, kemudian usapkan pada permukaan kuku. Ramuan ini selain memperkuat kuku juga menjadikan kuku terlihat mengkilat. Anda tak perlu repot-repot lagi melakukan manicure dan pedicure di salon.

Rambut yang indah dan bebas ketombe juga bisa diperoleh dengan perawatan air lemon. Usapkan air lemon secara rutin dan hasilnya rambut anda akan semakin indah dan jauh dari ketombe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement