Senin 10 Aug 2015 07:32 WIB

5 Cara Hindari Jet Lag Saat Bepergian

Rep: C39/ Red: Winda Destiana Putri
Jetlag (ilustrasi)
Foto: Huffingtonpost
Jetlag (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat melakukan perjalanan jauh, Anda akan mengalami gangguan perjalanan atau jet lag.

Gangguan yang disebut sebagai sindrom perubahan zona waktu ini menyebabkan kelelahan, insomnia, dan gejala lain akibat dari perjalanan udara melintasi zona waktu yang cepat.

Gejala lain jet lag, Anda akan mengalami kecemasan, sembelit, diare, kebingungan, dehidrasi, sakit kepala, lekas marah, mual, berkeringat, masalah koordinasi, dan bahkan kehilangan memori. Walaupun sifatnya sementara, namun sindrom ini akan cukup mengganggu Anda.

5 cara sederhana ini dapat membantu Anda mencegah jet lag, sehingga Anda bisa menaiki pesawat dengan penuh kegembiraan, seperti dilansir dari Huffingtonpost Ahad (10/8).

Persiapkan diri secara matang

Jika Anda akan terbang, mulailah dengan rutinitas seperti tidur lebih awal dan atur waktu makan. Sedikit persiapan itu bisa mengatasi waktu yang lama dalam perjalanan dan bisa membuat Anda turun dari pesawat dalam keadaan baik.

Atur jam sesuai waktu tempat tujuan

Mengatur jam Anda dengan waktu setempat tujuan satu atau dua hari sebelum berangkat akan membantu memperkuat gagasan Anda seperti yang sudah direncanakan.

Hindari sinar matahari saat di pesawat

Jika memungkinkan, Anda duduk di samping pesawat yang tidak terkena matahari selama penerbangan, sehingga lebih mudah untuk tidur. Jika itu tidak memungkinkan, tutuplah mata Anda dengan masker atau juga bisa dengan membawa kacamata, sehingga membuat Anda lebih mudah untuk tertidur.

Hindari alkohol dan kafein

Hindari meminum minuman yang mengandung alkohol dan kafein, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan tersendiri saat mendarat. Minumlah air mineral dan Anda akan melangkah turun dari pesawat dengan baik.

Sesuaikan jadwal penerbangan Anda

Anda harus mengambil perjalanan lebih malam sehingga dapat tidur dengan baik dan merasa segar setelah sampai di tempat tujuan. Hal Ini akan membantu menghindari diri dari kelelahan. Walaupun ini sedikit rumit untuk melacak jadwal penerbangan. Jangan khawatir, karena sekarang sudah ada website dan aplikasi yang dirancang untuk membuat Anda bisa menyesuaikan itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement