Senin 10 Aug 2015 05:06 WIB

Studi Sebut Facebook Picu Perselingkuhan Digital

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Banyak orang di facebook mencari potensi menjalin hubungan diam-diam dengan orang lain.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Banyak orang di facebook mencari potensi menjalin hubungan diam-diam dengan orang lain.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketidaksetiaan hadir dalam berbagai bentuk. Satu yang paling nyata adalah sembunyi-sembunyi dari sekelilingnya dan secara fisik berselingkuh dengan orang lain selain pasangannya. 

Lalu ada jenis perselingkuhan emosional, di mana Anda beralih pada orang lain dan meninggalkan pasangan untuk melepaskan masalah perkawinan. Ini dilakukan untukmenggoda orang lain juga berhubungan dengan orang itu setiap waktu. 

Namun sekarang ada perselingkuhan jenis baru sesuatu yang benar-benar lebih umum, yaitu selingkuh secara digital salah satunya melalui facebook. Pelaku selingkuh mungkin akan berterima kasih dengan facebook. Sebab perselingkuhan ini mirip dengan perselingkuhan emosional, tapi semua terjadi melalui media sosial.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Indiana menemukan bahwa banyak orang di facebook mencari potensi menjalin hubungan diam-diam dengan orang lain. Ini biasanya dilakukan oleh jenis orang yang paling sering mencari potensi untuk hubungan asmara dengan bukan pasangannya. Misalnya dengan mantan, teman, orang asing, atau orang yang sudah pernah bertemu.

Tapi , perselingkuhan diam-diam ini bukan satu-satunya cara facebook merusak hubungan Anda. Coba lihat studi yang membuktikan dan mengajak Anda untuk selalu waspada mengenai bagaimana Anda dan pasangan Anda menggunakan situs jejaring sosial.

Menggunakan facebook berlebihan memicu konflik 

Seperti dilansir dari laman Yourtango, Senin (10/8), dijelaskan bahwa siswa kedokteran dari University of Missouri School of Journalism menemukan bahwa semakin banyak seseorang menggunakan facebook maka lebih mungkin mereka akan terlibat konflik dengan pasangannya. Dalam studi, responden ditanya seberapa sering mereka menggunakan facebook dan berapa banyak konflik muncul karena facebook. Ternyata penggunaan facebook tingkat tinggi dapat memprediksi hasil yang mengerikan seperti penipuan, putus cinta, bahkan perceraian.  

Kebohongan di facebook lebih berbahaya 

Anda berada dalam hubungan dan Anda ingin orang lain tahu bahwa Anda tidak sendirian lagi. Namun memperbaharui data dan selalu membual tentang hal penting tentang diri Anda lainnya menunjukkan ada lebih banyak bahayanya daripada kebahagiaan berkat suatu studi baru baru ini. Survei menemukan bahwa orang sangat terganggu dengan hubungan yang penuh kebohongan. 

Facebook memiliki efek negatif yang kuat pada hubungan pasangan muda

Kita telah menyatakan sebelumnya orang yang memanfaatkan facebook lebih sering bisa masuk ke dalam kehidupan pasangan. Tapi itu juga adalah memiliki efek yang lebih kuat dengan pasangan muda. Seorang peneliti dari St Mary’s Universitas menemukan melalui sebuah survei bahwa pasangan yang lebih muda lebih rentan untuk membiarkan facebook berada diantara mereka.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement