Ahad 09 Aug 2015 06:40 WIB

Tips Merawat Rambut Ekstensi

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Rambut Ekstensi (Ilustrasi)
Foto: Allwomanstalk
Rambut Ekstensi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Rambut ekstensi memungkinkan Anda mencoba gaya baru. Anda bisa membuat rambut panjang atau pendek dalam waktu singkat. Anda juga bisa bereksperimen dengan warna, tekstur, dan volume berbeda.

Beberapa wanita menggunakan rambut ekstensi untuk melengkapi tekstur rambut alami mereka. Ini tentunya diproses secara kimia yang melibatkan rambut alami dan kulit kepala.

Produsen rambut ekstensi, Ngozi Opara mengatakan ekstensi rambut jangan sampai membahayakan kesehatan seseorang. Kecenderungan membuat rambut keriting dan bertekstur benar-benar mengikat gerak keseluruhan rambut alami Anda.

"Daripada mengganggu, pilihlah ekstensi rambut sesuai dengan pribadi Anda dan rambut dasar Anda," katanya, dilansir dari the Fashion Spot, Ahad (9/8).

Opara memberikan beberapa tips untuk merawat rambut ekstensi. Pertama, perlakukan rambut ekstensi seperti rambut asli Anda. Caranya adalah teratur mencuci dan melembabkannya. Ini adalah kunci untuk memperpanjang usia rambut.

Kedua, keringkan rambut ekstensi dengan baik. Rambut yang belum kering benar bisa menyebabkan masalah ke kulit kepala akibat jamur. Jadi, jika Anda memiliki rambut tebal, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh.

Ketiga, jangan mengabaikan rambut asli. Jika Anda hanya fokus merawat rambut ekstensi dan mengabaikan rambut asli, maka rambut alami Anda akan menderita kerusakan, khususnya ketika rambut ekstensi Anda sudah dilepas.

Keempat, lepaskan rambut ekstensi pada waktunya. Rambut ekstensi akan merusak rambut asli Anda jika dibiarkan terlalu lama. Ahli ekstensi rambut selebriti Amerika, Amoy Pitters merekomendasikan Anda untuk mengulangi anyaman atau jahitan rambut ekstensi setiap enam pekan untuk jenis interlock, dan 8-10 pekan untuk jenis braided.

Kelima, hindari minyak. Minyak akan memecah lem rambut ekstensi. Jadi, selama Anda masih menggunakan rambut ekstensi, hindari memakai produk-produk rambut yang menggunakan unsur minyak.

Keenam, istirahat teratur. Biarkan rambut alami dan kulit kepala Anda bernapas sesuai waktunya. Jika Anda sudah melepas rambut ekstensi, maka biarkan rambut alami dan kulit kepala Anda dalam keadaan aslinya. Tunggu satu atau dua pekan kemudian, baru Anda boleh menggunakan kembali rambut ekstensi berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement