Rabu 05 Aug 2015 07:19 WIB

Tiga Cara Alami Tingkatkan Memori Otak

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Daun sage
Foto: pixabay
Daun sage

REPUBLIKA.CO.ID, Selain menutup mata dan minum kafein, trik apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan memori atau daya ingat Anda segera? 

Coba ini trik, kepalkan tinju kanan Anda sebelum Anda mengambil informasi dan ketika Anda ingin mengingat data, tekan tangan kiri. Ini benar-benar bisa diterapkan, setidaknya kata sebuah studi yang dipublikasikan di PLoS One. 

Ketika peserta mengepal tinju kanan mereka selama 45 detik sebelum menghafal kata-kata, mereka teringat tentang kata-kata lebih baik setelah menekan tangan sebelah kiri dibanding kelompok lain yang mencoba menekan sisi sebaliknya.

Masih ada beberapa trik lain, seperti dikutip dari laman Shape, Rabu (5/8).

Mencium bau sage

Sage sebagai tanaman dengan nama latin Salvia Officinalis dikenal sejak zaman dulu sebagai penangkal sihir dan kekuatan jahat. Sudah berabad-abad lalu sage juga ditanam orang untuk bahan bumbu masakan dan pengobatan. Mencium bau sage, bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada tes memori dibandingkan pada daun tanpa aroma, laporan sebuah studi di Human Psychopharmacology. 

Orang-orang yang mengambil sebuah kapsul berisi daun sage berprestasi baik di memori dan perhatian tugas satu jam kemudian. Selain itu, dalam studi Northumbria University, ditemukan lebih banyak energi dan kewaspadaan mental setelah empat jam setelah minum kapsul sage. Mengapa bisa seperti ini? Ramuan itu dapat membantu meningkatkan kewaspadaan Anda, membantu Anda mengasah dan memusatkan perhatian pada apa yang harus dilakukan.

Tidurlah sejenak

Penelitian di Jerman menunjukkan setelah 40 menit tidur sebentar, orang bisa meningkatkan skor mereka pada sebuah memori game sebesar 25 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mendapatkan  istirahat sebentar. Sementara kenangan jangka pendek disimpan di otak hippocampus Anda, mereka tidak melekat lama dan mudah kehilangan. Bahkan jumlah tidur yang pendek mentransfer ingatan baru pada otak neocortex  Anda untuk menjadi disimpan secara permanen, meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement