Ahad 26 Jul 2015 11:58 WIB

Tidak Ingin Lelah? Jauhkan Gadget Saat akan Tidur

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Kelelahan (ilustrasi)
Foto: its-syahri.blogspot.com
Kelelahan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelelahan bisa disebabkan oleh apa saja, bukan hanya karena padatnya aktivitas atau kurangnya istirahat. Banyak hal kecil yang menurut kita tidak masalah, justru itu merupakan pemicu kelelahan.

Sudah lelah bekerja atau berkegiatan, Anda menambahnya dengan kegiatan-kegiatan kecil yang tanpa Anda sadari menambah rasa lelah. Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat Anda lelah tanpa Anda sadari telah melakukannya.

Memeriksa e-mail saat akan tidur

Menurut Dr Allen Towfigh, MD, direktur medis dari New York Neurology & Sleep Medicine, PC, New York City, saat Anda menggunakan gadged sebelum tidur, seperti memeriksa pesan atau e-mail di ponsel atau tablet, Anda sudah merusak ritme alami dari melatonin. Melatonin merupakan hormon yang membantu mengatur waktu tidur dan bangun.

Kepekaan terhadap cahaya digital yang bersumber dari perangkat pintar dapat bervariasi tiap orang. Menurut Dr Towfigh, secara umum merupakan ide yang baik untuk menghindari perangkat pintar satu atau dua jam sebelum tidur. Jika Anda sulit melakukannya, jalan lainnya dengan memberikan jarak 14 inch dari wajah Anda saat menggunakan perangkat pintar tersebut.

Meminum anggur sebelum tidur

meminum anggur terdengar cara yang baik untuk membuat tubuh santai agar cepat tertidur, padahal setelah itu akan menjadi bumerang untuk Anda. Kata Dr Towfigh, Alkohol awalnya menekan sistem saraf pusat, sehingga meninggalkan efek penenang.

"Tapi pada akhirnya menyabotase tidur," ujar Dr Towfigh dilansir dari Health, Sabtu (25/7).

Hal ini dipicu karena alkohol menciptakan efek rebound di metabolisme tubuh, sehingga membuat lonjakan adrenalin yang membuat Anda terbangun di tengah malam.

Tidur larut malam pada akhir pekan

Saat sabtu malam, Anda sengaja untuk begadang menghabiskan waktu bersama teman-teman, dan membalaskan dendam tidur pada minggu pagi. Menurut Dr Towfigh, hal ini menyebabkan pada minggu malam Anda akan terjaga. Ada baiknya Anda tetap mengatur pola tidur harian dengan baik, meski menghabiskan malam sebelumnya dengan terjaga.

Ia menganjurkan, untuk tidur siang selama 20 menit atau lebih akan memungkinkan tubuh untuk mengisi ulang tenaga tanpa membuat Anda lelah ketika bangun tidur.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement