Sabtu 18 Jul 2015 11:55 WIB

Tips Jadi Pribadi Optimis (II)

Rep: C13/ Red: Julkifli Marbun
ilustrasi
Foto: imgsoup
ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap orang jelas akan selalu menghadapi masalah dalam hidupnya. Beberapa di antara kita ada yang merasa percaya akan kemampuannya dalam memecahkan problematikanya. Namun, terdapat sebagian kecil dari kita juga mengalami hal sebaliknya. Mereka merasa rendah dan tidak mampu mencari jalan keluar dari masalahnya.

Seperti dikutip laman womanitely, pada Sabtu (18/7), ada beberapa cara yang mungkin bisa mengurangi rasa pesimis dalam diri kita. Dengan begitu diharapkan bisa menjadi pribadi yang optimis ke depannya.

1. Mulailah hari dengan pesan positif

Untuk menjadi pribadi optimis, itu berarti kita perlu mengingat pesan-pesan inspiratif. Pesan-pesan itu berisi kalimat-kalimat yang menegaskan kita untuk tidak menyerah.

Kita perlu mencoba memulai aktivitas pagi dengan membaca setidaknya lima kutipan positif. Setidaknya, upaya ini diharapkan bisa memudahkan kita mendapatkan inspirasi untuk mengambil tindakan.

2. Dengarkan musik

Psikolog merekomendasikan agar kita mendengarkan musik setiap pagi. Pasalnya, hal ini dinilai bisa memberi energi sepanjang hari. Dengan begitu bisa membantu kita mengatasi stres lebih efektif.

Musik benar-benar bisa memberikan pengaruh yang sangat dalam bagi jiwa kita dan pikiran kita. Musik akan menghibur dan membantu menjaga mental kita tetap sehat.

3. Cintai diri sendiri

Optimis cenderung mencintai diri sendiri dan memaafkan diri untuk segala sesuatu yang kita lakukan di masa lalu. Pesimis cenderung berkutat pada kesalahan masa lalu dan terlalu fokus pada kecacatan diri kita. Untuk sekarang, keputusan menjadi pribadi optimis ada di tangan  kita.

Jika Anda memilih pilihan pertama yakni optimis, maka kita akan jatuh cinta dengan kekurangan dan kebiasaan kita. Anda dan kita semua memang tidak bisa sempurna dan di dunia ini jelas tidak ada yang benar-benar sempurna.

4. Nikmati Hidup

Hidup ini lebih baik ketika Anda menikmatinya. Ada banyak cara untuk mengajar diri sendiri  menjadi seorang yang optimis. Salah satunya dengan belajar  menikmati kehidupan sehari-hari Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement