Kamis 09 Jul 2015 17:27 WIB

Wanita, Perhatikan Asupan Nutrisi Anda

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri
Makan siang yang kaya serat dan protein akan menjaga tubuh bugar hingga sore.
Foto: pixabay
Makan siang yang kaya serat dan protein akan menjaga tubuh bugar hingga sore.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan wanita bisa menjadi sedikit berbeda karena tubuhnya melewati hal yang berbeda sepanjang hidup.

Nutrisi merupakan hal yang penting untuk tetap menjaga kesehatan wanita agar terhindar dari berbagai macam penyakit.  Berikut adalah lima nutrisi dilansir oleh Womanitely Kamis (9/7) yang penting bagi wanita untuk mendapatkan tubuh yang ideal dan tetap sehat.

Vitamin E

Vitamin E dapat diperoleh melalui kacang-kacangan, dan biji-bijian dan berguna sebagai antioksidan kuat bagi tubuh. Vitamin E adalah perlindungan untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat dan kesehatan bagi mata dan kulit. Seorang wanita di atas usia 19 membutuhkan 15 miligram Vitamin E setiap hari,jadi pastikan Anda cukup mengonsumsi vitamin E melalui almond atau biji bunga matahari.

Omega3

Salah satu lemak yang baik adalah omega3 yaitu nutrisi penting bagi setiap. Bantuan omega3 ini mengurangi tekanan darah, peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. Setiap wanita membutuhkan 1.1 gram dari lemak baik per hari. Salmon,halibut, herring dan sarden adalah sumber yang sangat baik dari asam lemak omega 3.

Kalium

Kalium merupakan nutrisi yang baik untuk menjaga otot dan tulang agar tetap sehat bagi wanita. Sumber untuk memperoleh kalium dengan mengonsumsi daging ayam dan daging sapi, ikan salmon dan sarden. Beberapa sumber lain termasuk yang bebas lemak yoghurt, ubi jalar, bayam dan brokoli. Makanan kaya kalium dapat mengurangi risiko tekanan darah tingg,penyakit jantung dan stroke. Seorang wanita di atas usia 19 membutuhkan 4.700 mg potasium setiap hari.

Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Ini adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menangkal kerusakan sel. Vitamin C juga penting untuk produksi kolagen, bagian penting yang membantu menjaga kulit, otot, dan jaringan lain pada tubuh. Perempuan 19 tahun keatas membutuhkan 75 mg vitamin C per hari. Paprika, jeruk, kiwi, stroberi, melon adalah beberapa sumber terbaik vitamin C.

Serat

Serat membantu menjaga kesehatan usus Anda, termasuk penyakit divertikular. Wanita 19-50 tahun membutuhkan 25 gram serat per hari, dan wanita 51 tahun keatas membutuhkan 21 gram setiap hari. Beberapa sumber terbaik adalah buah-buahan dan sayuran, roti gandum dan sereal, dan biji-bijian seperti millet, quinoa, barley, beras dan gandum. Makanan kaya serat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker.

Vitamin dan mineral dibutuhkan oleh semua orang, tapi wanita perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi karena mereka akan mengalami kehamilan, menstruasi, dan bahkan diet yang dapat menguras nutrisi. Sangat penting untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari sumber makanan kapanpun Anda bisa. Jangan mengandalkan suplemen yang Anda butuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement