Kamis 25 Jun 2015 22:32 WIB

Zaskia Mecca Didik Anak Terbiasa Memilih

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Yudha Manggala P Putra
Zaskia Adya Mecca.
Foto: IST
Zaskia Adya Mecca.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesinetron Zaskia Adya Mecca mendidik anak-anaknya untuk terbiasa memilih apa pun sendiri. Ia ingin anak-anaknya terbiasa menghadapi pilihan dan siap menghadapi pilihan besar dalam hidup mereka kelak.

Sejak anak-anaknya berumur 1,5 tahun, Zaskia dan suaminya membiasakan anak-anak mereka memilih baju sendiri. Ia tidak pernah memaksakan anak-anak untuk pakai baju apa hari itu.

''Biar bajunya jelek, nggak nyambung, aku biarkan. Karena nanti menghadapi hidup mereka, hidup soal memilih,'' kata Zaskia usai peluncuran sebuah laman jual beli elektronik, Rabu (24/6).

Zaskia dan suami suka sekali puisi Kahlil Gibran tentang anak. Ia mengibaratkan anak-anak seperti anak panah dan orangtua busur panah.

Orangtua mengarahkan mau kemana anak-anaknya berjalan. Saat sudah dilesatkan, atas takdir Allah SWT, anak panah itu akan menancap di satu titik.

''Saat itu orangtua sudah tidak bisa intervensi. Orangtua memberi bekal. Setelah dewasa, anak-anak punya pilihan sendiri,'' tutur ibu dua anak ini.

Sebagai ibu, ia merasa bahagia luar biasa melihat perkembangan anak-anaknya. Dua anak lahir dari rahim yang sama dan dibesarkan dengan cara yang sama, namun karakter mereka berbeda. Di Ramadhan tahun ini, Zaskia pun baru mengenalkan apa itu puasa pada kedua anaknya Sybilla dan Kala.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement