Sabtu 20 Jun 2015 06:34 WIB

Pare, Sayuran Pahit dengan Segudang Khasiat Untuk Kulit

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
pare
Foto: The Guardian
pare

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pare, sayuran yang memiliki rasa pahit ini memiliki segudang manfaat. Sejak lama dipercaya sebagai obat untuk kulit yang mujarab. Kandungan nutrisi di dalamnya dapat membuat kulit tetap sehat dan menghindari diri dari penuaan dini.

Mengonsumsi sayuran tropis asal Asia dan Afrika ini memang harus diantisipasi karena rasanya yang pahit. Namun, jika Anda tidak ingin mengonsumsi langsung maka Anda bisa menjadikan pare sebagai masker atau dicampur dengan bahan lainnya untuk mempercantik kulit.

Dilansir dari Womanitely, Sabtu (20/6) berikut manfaat lain pare:

Membersihkan darah

Pare mampu membersihkan darah dan menjaga kulit dari penyakit seperti kudis, bisul, serta infeksi jamur. Di dalam tubuh pare mengandung senyawa insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah itulah yang menjadi penyebab masalah pada kulit termasuk penuaan dini dan keriput.

Obat jerawat alami

Sayuran ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Untuk mengonsumsinya sangat mudah. Anda bisa membuat satu cangkir jus pare yang dapat diminum setiap pagi. Untuk mengantisipasi rasa pahit, tambahkan jeruk nipis. Ini bisa mendetoksifikasi tubuh dan membuat keadaan tubuh tetap stabil. Jus pare juga dapat mencerahkan dan membersihkan kulit dari dalam serta menjadikannya berseri dan bercahaya. Sumber vitamin C yang terkandung di dalam pare ampuh secara alami membantu pembentukan kolagen.

Pare sumber mineral

Konsumsi pare secara rutin berguna memperbaiki kulit rusak lewat pasokan vitamin B yang ada di dalamnya. Selain itu pare merupakan sumber mineral yang sangat baik seperti, magnesium, kalium, dan mangan. Mineral ini yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Ternyata di balik rasanya yang pahit, pare memiliki segudang manfaaat bagi kesehatan. Konsumsilah secara teratur dan rutin untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Anda juga bisa menciptakan kreasi agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement