Selasa 02 Jun 2015 16:18 WIB

Yongki Komaladi Ingin Tembus Pasar Cina

Yongki Komaladi
Foto: indonesianfilmcenter.com
Yongki Komaladi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Perancang sepatu Yongki Komaladi mengatakan ingin menembus pasar Cina untuk produk-produk sepatu rancangannya.

"Susah-susah gampang kalau masuk pasar Cina karena penguasaan produk mereka juga sangat kuat di dalam negerinya," katanya di Beijing, Selasa (2/6).

Ia menambahkan Cina juga sangat masif dan massal dalam memproduksi barang konsumsi dengan harga kompetitif.

Yongki mengungkapkan dirinya telah beberapa kali mengunjungi Cina, selain mengikuti beberapa pameran dagang atau kompetisi. Dia ingin menggali peluang pasar Negeri Panda bagi produknya. Merek "Yongki Komaladi" sudah setahun menembus pasar Thailand dan Vietnam.

"Peluang disana cukup menjanjikan. Dan saya yakin akan terus berkembang," ujar pria kelahiran 8 Agustus tersebut.

Yongki mengatakan keunggulan Indonesia dengan aneka ragam budayanya bisa menjadi insipirasi bagi setiap inovasi rancangan produk kreatif yang dihasilkan, tidak hanya untuk tekstil dan produk tekstil, tetapi juga sepatu.

Yongki senantiasa menekankan inovasi, orisinalitas rancangan kepada sekitar 80 usaha kecil menengah binaannya. "Dengan tetap memelihara dan meningkatkan pasar di dalam negeri, saya juga ingin membuat mereka lebih bisa berkarya untuk pasar global," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement