Selasa 19 May 2015 01:13 WIB

Taylor Swift dan Sam Smith Mendominasi Billboard Music Award

Rep: C25/ Red: Indira Rezkisari
Taylor Swift saat menerima penghargaan di Billboard Music Awards yang dihelat di Las Vegas, AS, (17/5).
Foto: Reuters
Taylor Swift saat menerima penghargaan di Billboard Music Awards yang dihelat di Las Vegas, AS, (17/5).

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS -- Taylor Swift mendominasi Billboard Music Awards 2015 pada Ahad, memenangkan delapan penghargaan termasuk top artis, sementara, penyanyi soul Inggris, Sam Smith, menyabet penghargaan untuk artis laki-laki dan artis baru terbaik.

Swift (25), yang menggelar pertunjukan musik terlaris di Amerika Serikat tahun lalu, juga meraih penghargaan untuk artis wanita terbaik, Top Billboard 200 Artis dan Album serta Top 100 Artis Terpanas. Swift, yang video single terbarunya "Bad Blood" diputar perdana di penghargaan tersebut, juga membawa pulang penghargaan khusus yang dipilih oleh penggemar lewat voting.

"Ini adalah malam yang baik," puji Swift saat ia menyabet penghargaan besar malam itu, yaitu artis terbaik. Sebelumnya, setelah memenangkan Top Billboard 200 Album untuk "1989" berkata, "kalian merangkul perubahan, merangkul saya melakukan sesuatu yang baru, aku tidak akan pernah melupakannya."

Swift dan Smith berkompetisi langsung dalam beberapa top kategori, dengan Swift yang unggul dengan 14 kategori. Smith (22), yang telah menerima 13 nominasi, juga memenangkan untuk top lagu radio artis.

Boyband Inggris One Direction adalah pemenang lain, mereka menang atas top tur artis dan top duo atau kelompok, sedangkan Iggy Azalea memenangkan tiga penghargaan untuk top rap artis, top rap song dan top streaming artis. Band rock Van Halen membuka acara dengan membawakan lagi dari lagu hit mereka "Panama", sementara Hozier selanjutnya membawakan hits terbaiknyanya "Take Me to Crunch."

Ulasan musik lainnya termasuk Kelly Clarkson "Invincible," Britney Spears dan  Iggy Azalea yang membawakan "Pretty Girls" dan lagu rap dari Nicki Minaj"The Night is Still Young." Little Big Town juga berkolaborasi dengan Faith Hill untuk lagu hit mereka, "Girl Crush."

Pharrell Williams menyapu kategori R & B, menyabet kehormatan untuk lagu, album dan artis terbaik, sementara Jason Aldean menyabet penghargaan untuk top country song dan album. Florida George Line mendapat top country artis.

Hozier memenangkan top rock artis dan top rock song, sementara Coldplay meraih penghargaan untuk top rock album. Penghargaan yang dipandu oleh rapper Ludacris dan supermodel Chrissy Teigen, disiarankan langsung dari MGM Grand Garden Arena di Las Vegas.

Majalah Billboard, yang meliputi industri musik, didasarkan dari interaksi penggemar dengan musik, termasuk album dan penjualan digital, tur, diputar di radio, streaming dan interaksi di situs media sosial dan situs online lainnya mengenai musik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement