Kamis 14 May 2015 18:10 WIB

Rutin Konsumsi Sayuran Hijau, Cegah Kerusakan Kulit

Rep: C13/ Red: Winda Destiana Putri
Sayuran Hijau (Ilustrasi)
Foto: Boldsky
Sayuran Hijau (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita tahu jika terlalu lama berjemur dan berdiri di bawah sinar matahari itu tidak baik. Kulit kita tentu akan mengalami banyak perubahan daripada sebelumnya.

Selain akan terlihat hitam, kondisi itu juga bisa menyebabkan penuaan pada kulit kita.

Seperti dikutip laman Womanitely, Kamis (14/5), makanan yang mengandung antioksidan kuat dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, kulit kita pun akan selalu tetap terhidrasi sepanjang hari. Berikut ini makanan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sayuran hijau

Sayuran hijau menjadi makanan yang cukup sempurna untuk digunakan sebagai salad. Bahkan, makanan sehat ini diketahui dapat membantu dan mencegah kulit terbakar dan penuaan dini.

Sayuran hijau memiliki vitamin A tinggi  yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas berbahaya. Sayuran hijau juga mampu mencegah kekeringan, iritasi dan  jerawat. Sayuran hijau juga bisa menjaga kulit Anda tetap segar. Meski bisa membuat kulit terhidrasi, hal itu tidak berarti kita tidak memerlukan delapan gelas air putih. Jika Anda ingin memiliki kulit yang segar, lembut dan bebas kerut, maka konsumsilah sayuran hijau setidaknya dua kali sehari.

Blackberry

Blackberry, buah favorit sejumlah orang di dunia ini termasuk Indonesia. Buah ini tidak hanya dikenal karena kelezatan yang dimilikinya, tapi juga kandungan yang ada dalam buah tersebut. Blackberry sendiri mengandung zat anthocynanins dan flavonol (dua antioksidan yang sangat kuat). Kedua antioksidan ini diketahui dapat mencegah kerusakan arteri dan melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang merusak.

Teh Rooibos

Teh Rooibos merupakan jenis teh yang tidak mengandung gula maupun zat kafein. Jenis makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif sehat untuk teh hitam dan kopi yang dapat meningkatkan tingkat energi Anda dalam sekejap. Antioksidan yang ditemukan dalam teh rooibos mampu mencegah kulit terbakar dan penuaan dini. Selain itu, dapat pula mencegah kerusakan arteri  dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement