Rabu 13 May 2015 08:48 WIB

Batuk tidak Kunjung Sembuh, Cobalah dengan Cara Ini

Batuk tak sembuh-sembuh, waspada Tubercolusis
Foto: .
Batuk tak sembuh-sembuh, waspada Tubercolusis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada jaman sekarang ini orang-orang lebih memilih membeli obat untuk menyembuhkan batuk. Padahal tidak semua obat batuk cocok untuk menyembuhkan batuk yang dialami.

Namun, tanpa Anda ketahui orang jaman dahulu membuat ramuan sendiri untuk menyembuhkan batuk. Seperti dilansir Healthmeup Rabu (13/5) inilah ramuan untuk menyembuhkan batuk:

Teh rempah-rempah

Biasanya campuran rempah-rempah jahe, jintan, dan lada hitam bisa memerangi sesak dada, batuk, dan pilek. Cara membuatnya, rebus campuran ketiga bahan rempah tersebut, tambahkan dengan madu sesuai selera, minum secara teratur sampai batuk menghilang.

Susu kunyit Hangat

Jika Anda sedang mengalami batuk dan kebetulan suka minum susu, tidak ada salahnya membuat ramuan susu yang dicampurkan dengan satu sendok makan bubuk kunyit yang direbus bersamaan. Fungsinya yaitu dapat melawan bakteri yang menyebabkan batuk dan melegakan dahak di tenggorokan.

Makanan pedas

Cabai, jahe, bawang putih, dan lada hitam ternyata dapat menghentikan batuk, melegakan dada yang sesak, mengencerkan dahak, sehingga memudahkan Anda dalam bernafas.

Minyak kayu putih

Saat batuk, minyak kayu putih tak sekadar dioleskan kepada bagian leher saja, tetapi juga dapat dijadikan sebagai uap dengan memasukkan minyak kayu putih ke dalam air panas. Jika kita menghirupnya, secara perlahan dapat melegakan tenggorokan akibat dahak yang menumpuk, dan juga memudahkan pernapasan Anda.

Jeruk nipis dan kecap

Kita sering mendengar cara membuat Jeruk nipis yang dicampur dengan kecap, akan tetapi tidak tahu alasannya sebenarnya. Seorang Peneliti menjelaskan, jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda. Sementara penambahan kecap, hanya mengurangi rasa asam pada jeruk nipis yang jarang disukai orang-orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement