Senin 04 May 2015 03:50 WIB

Mengenang Penyanyi Soul Legendaris Ben E.King

Rep: C26/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ben E King
Foto: inquisitr.com
Ben E King

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Penyanyi soul dan R&B legendaris Amerika Ben E.King meninggal di usianya yang ke-76. Kabar ini dikonfirmasi juru bicaranya Phil Brown kepada media.

"Dia meninggal pada hari kamis," kata Phil seperti dilansir dari VoA News, Senin (4/5). Menurut keterangan agen Ben E King, penyanyi yang terkenal dengan lagu 'Stand By Me' itu memang sempat memiliki masalah jantung.

King lahir di Carolina Utara dan dikenal sebagai penyanyi dengan suara bariton yang mendalam. Ia memulai karirnya dengan kelompok The Five Crowns yang kemudian menjadi The Drifters.

Kelompok ini memiliki serangkaian hits dengan Atlantic Records  dalam Rock and Roll Hall of Fame. King menulis dan menyanyikan hit pertama, 'There Goes My Baby' pada tahun 1959. Ia juga menjadi vokalis utama dalam beberapa lagu terkenal pada zaman itu yakni 'Save the Last Dance for Me', 'This Magic Moment', dan 'I Count the Tears'.

Setelah mengalami sengketa kontrak, pada 1960 ia memulai solo karier dan mengeluarkan lagu terbaiknya 'Stand By Me'. Lagu tersebut juga menjadi salah satu lagu terbaik yang dinilai oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika. Pada tahun 1961 ia bersama Jerry Lieber dan Mike Stoller mulai menciptakan hits-hits lainnya.

Penyanyi R&B Gary Obligasi mengatakan King adalah salah satu legenda yang berjiwa lembut dan paling berbakat di Amerika.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement