Ahad 19 Apr 2015 06:02 WIB

Pare, Sayuran Pahit dengan Segudang Khasiat untuk Kulit

Rep: C26/ Red: Winda Destiana Putri
Manfaat Pare
Foto: Womanitely
Manfaat Pare

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kita mendengar sayuran pare, pasti yang terlintas adalah rasa pahitnya. Padahal sayuran tropis ini memiliki manfaat yang sangat besar. Pare telah lama dimanfaatkan sebagai obat untuk kulit.

Dilansir Womanitely, Ahad (19/4) sayuran asli Asia dan Afrika ini mampu membersihkan darah dan menjaga kulit dari penyakit seperti kudis, bisul, dan infeksi jamur. Pare mengandung senyawa insulin yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Tingginya kadar gula dalam darah sering menyebabkan masalah pada kulit termasuk penuaan dan keriput. Sayuran ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jerawat. Untuk mengonsumsinya sangat mudah. Anda bisa membuat satu cangkir jus pare yang dapat diminum setiap pagi. Untuk mengantisipasi rasa pahit, tambahkan jeruk nipis. Ini bisa mendetoksifikasi tubuh dan menjaga kadar gula dalam darah.

Jus pare juga dapat mencerahkan dan membersihkan kulit dari dalam dan menjadikannya berseri dan bercahaya. Sumber vitamin C yang terkandung membantu pembentukkan kolagen yang membuat kulit kenyal dan kencang. Konsumsi pare secara rutin berguna memperbaiki kulit rusak lewat pasokan vitamin B yang ada di dalamnya. Selain itu pare merupakan sumber mineral yang sangat baik seperti, magnesium, kalium, dan mangan. Mineral ini yang berperna penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Ternyata di balik rasanya yang pahit, pare memiliki segudang manfaaat bagi kesehatan. Konsumsilah secara teratur dan rutin untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal. Anda juga bisa menciptakan kreasi agar rasa pahitnya tidak terlalu terasa.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement