Rabu 08 Apr 2015 07:13 WIB

Perbaiki Mood dengan Jogging 15 Menit

Jogging.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Jogging. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda termasuk sedang berjuang menurunkan berat badan, godaan menyamil cokelat seperti sebuah siksaan. Apalagi jika Anda sedang berusaha memerbaiki mood.

Dikutip dari www.parentsindonesia.com cokelat memang dikenal manjur untuk menaikkan mood dan membuat rileks. Syukurlah, sebuah studi terbaru menyatakan bahwa jogging selama 15 menit bisa memberikan dampak yang sama seperti menyamil cokelat.

 

Studi-studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa 97% wanita dan 68% pria yang sedang berdiet mengalami keinginan besar untuk mengonsumsi camilan tinggi kalori. Dan karena kondisi itu, mereka juga menjadi stres dan kacau suasana hatinya.

 

Studi terbaru dari University of Innsbruck di Austria meneliti apakah menggantikan perilaku pasif dengan aktivitas fisik selama 15 menit efektif untuk menghentikan kebiasaan mengonsumsi camilan. Responden mereka adalah 47 orang yang kelebihan berat badan dengan usia rata-rata 28 tahun dan mengonsumsi cokelat atau camilan tinggi kalori secara rutin, setiap hari.

 

Para responden dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diminta melakukan jogging di treadmill sementara kelompok yang lain hanya duduk diam. Kemudian kedua kelompok diikutkan dalam tes yang memicu stres mereka dan meningkatkan keinginan mengonsumsi camilan.

 

Hasilnya, seperti yang dimuat jurnal PLOS ONE edisi 11 Maret 2015, kelompok yang melakukan jogging tidak punya keinginan mengonsumsi camilan setinggi kelompok yang pasif. "Aktivitas fisik singkat mampu mengurangi keinginan mengonsumsi camilan pada orang kelebihan berat badan," kata peneliti.

 

Jadi, jika Anda sedang stres dan di depan ada camilan tersedia, sebaiknya segera jogging!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement