Kamis 02 Apr 2015 19:28 WIB

Manusia Tertua Dunia Berada di Uzbekistan

Rep: c26/ Red: Agung Sasongko
Tuti Yusupova
Foto: Wikipedia
Tuti Yusupova

REPUBLIKA.CO.ID, TASKENT -- Manusia tertua di dunia kini dipegang perempuan asal Uzbekistan, Tuti Yusupova (134 tahun). Sebelumnya, Jeanne Calment tercatat sebagai manusia tertua dunia. Namun, ia meninggal pada pekan ini di usia 134 tahun.

Seperti dilansir Mirror, Kamis (2/4), usia Tuti lebih tua delapan tahun dari Menara Eiffel, Prancis. Perempuan kelahiran 1 Juli 1880 ini telah melalui peristiwa besar sepanjang hidupnya. Mulai dari perang dunia, penemuan televisi, kendaraan, pesawat terbang, dan internet.

BBC pernah membuat video dokumenter perjalanan hidupnya pada saat usianya 128 tahun. Dalam videonya dia mengatakan, "Saya dapat memberitahu anda bahwa rahasia panjang umur adalah dengan melakukan banyak pekerjaan di ladang untuk menjalani kehidupan yang jujur."

Tuti sudah banyak dikunjungi para ahli dari Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) dalam penelitian usia panjang. Ia juga mendapat kehormatan khusus dari pemerintah Uzbekistan pada tahun 2008 atas hidupnya yang panjang.

Tuti meninggalkan lebih dari 100 keturunan. Pemerintah setempat mendukung keluarga Tuti untuk mengklaim rekor tersebut ke Guinness Book of Records. Sebab, ia belum tercatat sebagai orang tertua di dunia.

Saat ini rekor dipegang oleh Gertrude Weaver asal Amerika yang berusia 116 tahun. Setelah sebelumnya gelar ini dipegang Misao Okawa asal Jepang yang meninggal kemarin pada usia 117 tahun.

Jepang diperkirakan memiliki lebih dari 50.000 orang berusia lebih dari 100 tahun. Hal ini sering dikaitkan dengan diet rendah lemak lewat sushi dan ikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement