Selasa 24 Mar 2015 12:50 WIB

Ini Cara Manfaatkan Silica Gel Bekas

Rep: C09/ Red: Didi Purwadi
Silica Gel (ilustrasi)
Foto: www.techtree.com
Silica Gel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kita sering kali menemukan silica gel di dalam bungkus suatu produk. Tanpa disadari, benda tersebut selalu terbuang karena dianggap tidak penting, padahal ada banyak manfaat dari satu bungkus kecil silica gel.

 

Berikut beberapa manfaat silica gel yang membuat kita merasa sayang untuk membuangnya, seperti dilansir Dailymail, Senin (23/3).

 

Menghilangkan bau

Beberapa bungkus silica gel dapat disimpan di dalam tas olahraga, loker, dan sepatu gym anda. Tujuannya untuk mengurangi lembab dan menghilangkan bakteri penyebab bau.

“Bakteri akan tumbuh dalam kelembaban, silica gel dapat menghalangi bakteri yang berasal dari air yang menyebabkan mereka aktif,” ujar Dr. David Elks, peneliti dan ahli tes produk di Inggris.

 

Memelihara Karangan Bunga

Silica gel dapat dengan cepat mengeringkan bunga, sehingga anda bisa menyimpan bunga yang penuh kenangan lebih lama. Bungkus bunga ke dalam kantong plastik bersama dengan beberapa bungkus silica gel.

''Kadar air dalam bunga mungkin tinggi, mengeringkannya dengan sengaja akan membuat penampilan bunga menjadi tidak menarik. Menggunakan silica gel dapat mempercepat proses pengeringan dan juga tidak mengurangi kualitas bunga,” kata Elks.

 

Melindungi Bahan Perak

Benda yang berasal dari bahan perak biasanya terkena korosi sebagai reaksi dengan bahan kimia di udara. Kelembaban mempercepat proses benda perak anda menjadi berwarna hitam. Untuk menjaganya, benda tersebut dapat dibungkus bersama beberapa bungkus silica gel.

"Menjaga kelembaban dari perak yang terbaik dapat dilakukan dengan membatasi eksposur untuk meredam udara," jelas dia.

 

Merawat Pisau Cukur

Silica gel membuat pisau cukur logam menjadi kering lebih lama sehingga tidak berkarat. Rata-rata pisau cukur yang baik hanya bertahan selama lima pekan.   

"Tempatkan silica gel dan pisau cukur di dalam kantong kedap udara. Tapi, anda perlu mengganti silica gel setiap waktu karena silica gel lama telah menyerap air dari pisau cukur,” ujar Dr.Elks.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement