Rabu 11 Mar 2015 01:48 WIB

Trik Pakai Sepatu Hak Tinggi tanpa Rasa Sakit

High Heels (Ilustrasi)
Foto: www.layoutsparks.com
High Heels (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memakai high heels atau sepatu hak tinggi memang dapat membuat pemakainya terlihat lebih cantik. Namun, banyak yang tidak tahan dengan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sepatu tersebut.

Konsultan ahli penyakit kaki dari Rumah Sakit Royal London, Tariq Khan, mengatakan, semakin tinggi hal sepatu, semakin banyak juga masalah kaki yang terjadi. Untuk itu, ia memberikan beberapa rekomendasi untuk mencegah masalah pada kaki.

Cara pertama adalah, sebelum tidur, rendam kaki selama 10 menit di air hangat yang diberi garam. Meredam kaki akan menenangkan ligamen, tendon dan otot pada kaki.

Kedua, ia merekomendasikan untuk menggunakan orthotic untuk menyokong kaki dan mengurangi nyeri pada tumit, lutut, pinggul dan punggung belakang. Lalu, lindungi jari untuk menghindari luka.

Khan juga menyarankan untuk selalu membawa sepatu cadangan yang nyaman.  

Sebelum menggunakan high heels, berlatihlah di depan kaca tinggi. Postur yang baik menyebabkan kaki yang sehat.

Lalu, cobalah untuk berjalan dengan kaki telanjang di rumpit. "Berjalan di atas rumput dapat menghilangkan stres, meluruskan dan merenggangkan otot, tendon dan ligamen di kaki, tumit, dan betis," ujar Khan seperti yang dikutip dari Yahoo UK & Ireland.

Khan mengatakan, umumnya wanita mengalami luka setelah menggunakan sepatu berhak tinggi. Hal itu disebabkan oleh sepatu yang tidak pas. Ia menyarankan untuk memakai sepatu yang pas di kaki atau menggunakan gel anti luka. Jika kaki tetap terluka, gunakan plester untuk menutup luka tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement