Senin 09 Mar 2015 08:00 WIB

Trik Hemat Perawatan Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan membantu menjaga kesehatan jantung.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Memiliki hewan peliharaan membantu menjaga kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, Cobalah ide menghemat uang untuk perawatan binatang peliharaan dari dokter hewan Debra M Eldredge, DVM, penulis Dog Owner’s Home Veterinary Handbook berikut, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

 

Medis

Cek klinik di sekitar tempat Anda tinggal yang menawarkan diskon vaksin rabies. Jika beruntung Anda mungkin menemukan tempat vaksin hewan gratis.

Perawatan gigi

Gantilah sesi pembersihan gigi termahal dengan menyikat gigi anjing atau kucing di rumah dengan sikat gigi dan pasta gigi, 3-4 kali seminggu.

Dandani

Demi kesehatan hewan peliharaan Anda, sebaiknya hindari bulu yang kusut, telinga kotor, dan kuku kaki yang panjang. Belajarlah menyikat bulu, memandikan, dan memotong bulu binatang peliharaan Anda sendiri. Ini bisa menghemat banyak setiap tahunnya.

Makanan

Ini adalah salah satu contoh di mana uang lebih tersita lebih banyak. Solusinya dengan makanan premium yang cenderung lebih bernutrisi, lebih tahan lama membuat kenyang, dan menghilangkan kebutuhan akan suplemen, kata Dr. Eldredge.

Kuku

Kuku sering tumbuh panjang dan mungkin perlu pemangkasan. Daripada Anda mengeluarkan uang hanya untuk sekadar memotong kuku Anjing, lebih baik lakukan sendiri. Memotong kuku hewan yang jinak tidak akan sulit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement