Rabu 04 Mar 2015 06:15 WIB

Pasta Gigi Bantu Atasi Luka di Kaki

Rep: MGROL36/ Red: Winda Destiana Putri
Kaki lecet akibat terlalu lama menggunakan sepatu
Foto: Guardian
Kaki lecet akibat terlalu lama menggunakan sepatu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menggunakan sepatu terlalu lama dapat membuat kaki menjadi lecet atau luka. Basanya pula Anda menjadi enggan menggunakan kembali sepatu tersebut.

Untuk mengatasi kaki yang lecet atau luka akibat sepatu, berikut adalah cara praktis dan alami untuk menyembuhkan luka pada kaki seperti dilansir Healthmeup, Rabu (4/3).

Rendam dengan teh hijau

Teh hijau dapat mempercepat penyembuhan kaki yang luka. Caranya, masukkan teh hijau ke dalam air hangat, kemudian tambahkan sedikit baking soda. Setelah itu, rendam kaki Anda sekitar 5-10 menit dan cuci dengan air bersih.

Oleskan dengan pasta gigi

Pasta gigi dikenal bisa mengeringkan jerawat, luka, bahkan lecet. Pasta gigi juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kaki dengan cara mengoleskannya dalam beberapa hari.

Gunakan plester antiseptik

Tak sedikit orang-orang mengandalkan plester untuk menutupi kaki yang luka. Namun, plester bisa membuat kaki Anda menjadi lembap. Boleh menggunakan plester, tetapi jangan digunakan pada saat luka masih basah. Tunggu dulu sampai luka itu mengering, kemudian pasang plester untuk menutupi dari kuman dan bakteri yang masuk. Dan pergunakanlah plester antiseptik agar luka lebih cepat mengering.

Tutup luka dengan kain

Jika Anda tidak cocok dengan plester, kain kering juga dapat menutupi bagian kaki yang luka agar terhindar dari kuman dan bakteri. Caranya, ikat bagian kaki yang lecet dengan kain secukupnya, tapi jangan sampai mengganggu gerak langkah Anda akibat ikatan kain itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement