Selasa 03 Mar 2015 15:33 WIB

Musik ini Diciptakan Khusus untuk Kucing

Kucing
Foto: Antara
Kucing

REPUBLIKA.CO.ID, BALTIMORE -- Siapapun yang mencintai musik pasti tahu bagaimana musik bisa menenangkan. Melodi-melodi pada musik bisa mengurangi tingkat stres. Rupanya, hal ini tidak hanya berlaku untuk manusia saja. Ilmuwa menciptakan musik khusus untuk kucing. Musuk yang diciptakan ini membantu menjaga kucing tetap tenang meskipun dalam keadaan stres.

Untuk mengetahui apakah ilmuwan bisa merespons musik, ilmuwan dari Universitas Wisconsin, Madison dan Universitas Maryland di Amerika menciptakan musik untuk kucing. "Kami melihat musik yang cocok untuk kucing pada frekuensi yang sama, yaitu sekitar satu oktaf lebih tinggi dari suara manusia," ujar penulis utama penelitian ini Charles Snowdon, kepada Discovery News.

Dalam musik yang biasa didengarkan manusia, bunyi drum seringkali berpengaruh pada detak jantung. Peneliti mencoba meniru musik yang juga bisa sesuai dengan keadaa kucing ketika sedang mendengkur, atau sedang menyusui. Namun, karena kucing lebih banyak bergerak dibaningkan manusia, kucing memiliki kombinasi frekuensi yang lebih banyak dibandingkan manusia.

Dalam studi ini, kucing-kucing diperdengarkan 47 lagu. Peneliti melihat bagaimana respons kucing dibandingkan ketika diperdengarkan lagu-lagu versi manusia. Hasilnya, ternyata kucing sama sekali tidak memberikan respons terhadap musik yang biasa diperdengarkan manusia. Namun, ketika musik kucing ini diperdengarkan, kucing mendadak bersemangat dan mendekati speaker. Dari sini, peneliti menyimpulkan ternyata kucing juga memiliki selera musik sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement