Ahad 01 Mar 2015 07:53 WIB

Inikah 10 Orang Terpintar di Dunia?

Otak/ilustrasi
Foto: wikimedia
Otak/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kepandaian tidak selalu diukur dari IQ. Namun, infografik dari situs SuperScholar.org merangkum ada 10 orang tercerdas di dunia. Kecerdasan mereka didasarkan pada perpaduan antara level IQ dan prestasi yang diraih. Meskipun hampir mustahil membuat smeua orang sepakat dengan data yang dirilis, laman Sciencealert mendata 10 orang tersebut. Nama-nama yang tercantum di bawah ini tidak diurutkan berdasarkan tingkat kecerdasannya.

Sekedar informasi, hanya 0,5 persen manusia di dunia yang genius atau mendekati genius. Mereka memiliki IQ di atas 140. Sebanyak 2,5 persen memiliki kecerdasan luar biasa dengan IQ lebih dari 130. Sebanyak 2,5 persen orang mengalami keterbelakangan kecerdasan dengan IQ di bawah 70. sementara rata-rata orang memiliki IQ antara 90 hingga 110.

Berikut adalah nama-nama yang disebut sebagai orang terpintar di dunia.

1. Stephen W Hawking

Pria berusia 70 tahun ini merupakan ahli Fisika. Dia memiliki IQ 160, penulis 7 buku best seller, dia merupakan penerima berbagai macam penghargaan. Tercatat, ada 14 penghargaan yang mengapresiasi ide dan gagasannya bidang Fisika. Kehidupannya telah difilmkan dalam Theory of Everything.

2. Kim Ung Yong

Pria 50 tahun ini memiliki IQ 210. The Guiness Book of World Record mencatatkan namanya sebagai orang dengan IQ tertinggi di dunia. Saat umurnya dua tahun, dia sudah fasih berbicara dalam empat bahasa. Saat umurnya 8 tahun, dia bahkan mendapat kehormatan dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk belajar di Amerika.

3.Paul Allen

Pria 50 tahun ini adalah co-founder Microsoft. IQ nya 170. Kekayaan bersihnya mencapai 14,2 miliar dolar AS. Dia termasuk 48 orang terkaya di dunia. Dia merupakan salah satu orang yang paling sukses mengubah kecerdasannya menjadi uang.

4. Rick Rosner

Pria berusia 52 tahun ini memiliki IQ 192. Dia bekerja di industri televisi sebagai produser. Dia berasal dari Amerika Sekikat.

5. Garry Kasparov

Pria 49 tahun ini memiliki IQ 190. Pria asal Rusia ini merupakan Grandmaster catur termuda. Dia menjadi Grandmaster saat usianya baru 22 tahun. Saat ini dia menekuni dunia politik dan aktif sebagai penulis.

6. Sir Andrew Wiles

Pria berusia 59 tahun ini memiliki IQ 170. Ahli Matematika ini menerima 15 penghargaan bergengsi di bidang Matematika dan Sains. Pada tahun 1995, dia memecahkan teori yang sulit dipecahkan selama 358 tahun. Teori yang dipecahkannya konon merupakan teori paling sulit di dunia.

7. Judit Polgar

Perempuan 35 tahun ini memiliki IQ 170. Dia telah menjad grandmaster catur saat usianya 15 tahun. 

8. Christopher Hirata

Dengan IQ 225, pria 30 tahun ini memiliki prestasi yang luar biasa, DIa menjadi orang termuda yang menyabet medali emas pada olimpiade Fisika internasional. Saat itu usianya baru 13 tahun. Saat berumur 16 tahun, dia bekerja untuk NASA. Dia menyelesaikan pogram PhD saat usianya baru menginjak 22 tahun.

9. Terrence Tao

Pria 36 tahun ini memiliki IQ 230. Dia adalah peserta termuda Olimpiade Matematika. Dia memenangkan medali emas saat usianya 13 tahun. Tao mempublikasikan lebih dari 230 karya ilmiah. Saat usia dua tahun, saat bayi lain seusiaya baru belajar biacara dan berjalan, dia telah menyelesaikan soal aritmatika dasar, Dia memperoleh gelar PhD saat usianya 20 tahun.

10. James Woods

Aktor berusia 65 tahun ini memiliki IQ 180. Dua kali memperoleh nominasi Academy Award

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement