Ahad 08 Feb 2015 10:06 WIB

Melatih Otot dengan Tips Ini

Rep: C13/ Red: Indira Rezkisari
Salah satu cara melatih otot adalah dengan melakukan latihan kebugaran dan kekuatan secara rutin.
Foto: Republika/Prayogi
Salah satu cara melatih otot adalah dengan melakukan latihan kebugaran dan kekuatan secara rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, Memiliki otot bukan hanya bermanfaat bagi binaragawan. Ada banyak alasan mengapa perlu membangun otot yang lebih baik.

 

Otot dengan kondisi yang baik dapat membantu meningkatkan metabolisme. Kemudian, mencegah osteoporosis hingga menurunkan berat badan. Selain itu tentunya pemilik otot akan memperoleh kekuatan.

Kadang-kadang sulit untuk mendapatkan otot, bahkan jika Anda melakukan olahraga di gym setiap hari dan latihan keras. Untuk melatih otot ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti dikutip dari Womanitely, Ahad (8/2).

Rutin latihan kebugaran dan kekuatan

Kekuatan pelatihan membuat Anda merasa dan terlihat lebih baik. Ini membantu mencegah hilangnya kekuatan otot dan bisa membangun otot. Ketika datang ke tempat latihan yang melatih kekuatan, penting untuk tidak berlebihan.

Jangan mengangkat beban terlalu berat. Pertama, itu tidak baik untuk kesehatan perempuan. Kedua, Anda mungkin berakhir tampak seperti binaragawan. Coba mengangkat beban yang ringan setidaknya 12 kali dan melakukannya secara teratur.

Tambahkan latihan menahan beban ke rutinitas harian

Plyometrics, yoga, berjalan, barre, menerjang, dan latihan menahan beban lain juga dapat membantu Anda mendapatkan otot. Hal tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis dan membangun otot tanpa lemak .

Selain itu, kegiatan tersebut juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan. Maka dari itu, cobalah 30 menit latihan beban dalam 5 hari seminggu. Kegiatan ini dirasa cukup untuk meningkatkan kesehatan Anda dan membangun otot.

Latihan kardio sebelum mengangkat

Jika Anda pernah mencoba untuk menurunkan berat badan, Anda mungkin tahu bahwa melakukan mengangkat pelatihan sebelum latihan kardio  itu sangat dianjurkan. Namun, jika tujuan Anda itu untuk mendapatkan otot, maka Anda harus melakukan kardio Anda terlebih dahulu. Kemudian Anda memilih untuk mengangkat. Masalahnya, latihan kardio itu bisa memecah serat-serat otot, sehingga sulit untuk membangun otot.

Memasukkan lebih banyak makanan kaya protein

Ketika mencoba untuk mendapatkan otot, protein harus menjadi teman terbaik Anda. Sertakan protein di setiap makan dan menambahkan bubuk protein nabati untuk makanan Anda.

Protein jelas dapat membangun otot dan mencegah katabolisme otot. Biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian merupakan sumber protein yang sangat baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement