Sabtu 07 Feb 2015 06:03 WIB

Batasi Asupan Lemak dalam Masa Kehamilan

Perhatikan segala asupan makanan saat hamil
Foto: Huffingtonpost
Perhatikan segala asupan makanan saat hamil

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat hamil Anda tidak bisa makan sembarangan. Anda harus memerhatikan nutrisi dari makanan yang Anda santap. Bahkan, penting pula untuk mengetahui kandungan gizi dari setiap makanan yang Anda santap.

Dikutip dalam laman www.parentsindonesia.com, berikut lima cara makan sehat selama kehamilan.

Minum vitamin kehamilan setiap hari

Vitamin kehamilan menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil seperti asam folat, zat besi, seng, yodium, vitamin D, kalsium, dan vitamin A.

Perhatikan berat badan

Calon ibu hanya perlu mengonsumsi 300 kalori per hari untuk mendukung pertumbuhan bayi. Perempuan dengan berat badan normal, kenaikkan berat badannya maksimal 11 kg saat hamil. Sementara perempuan yang kelebihan berat badan maksimal naik sampai 15 kg.

Makan makanan beragam

Jika ingin sehat, perempuan hamil harus mengonsumsi enam sampai 11 porsi gandum, roti, sereal, nasi, dan pasta. Makan juga tiga jenis sayuran dan buah-buahan, dua sampai empat porsi makanan berprotein, seperti daging, ikan, dan kacang; serta tiga sampai empat porsi susu rendah lemak, yogurt, atau keju setiap hari.

Batasi asupan lemak

Anda Mengonsumsi lemak sebaiknya tidak lebih dari 30 persen sehari. Makanan yang tinggi lemak seperti mentega sebaiknya dihindari

Minum banyak cairan

Minumlah enam sampai delapan gelas air mineral setiap hari. Air adalah konsumsi terbaik. Jus sebaiknya dikurangi karena tinggi kalori. Dan batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement