Rabu 04 Feb 2015 06:01 WIB

Langkah Sederhana Hindari Stres

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Stress (ilustrasi)
Foto: under30ceo.com
Stress (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Stres diketahui dapat menganggu kesehatan seseorang. Sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan efek negatif stres terjadi pada kinerja dan penampilan.

Namun, ada sisi positif dari stres yang ternyata dapat membantu seseorang menjadi lebih produktif, kreatif, dan sukses.

Alih-alih membiarkan stres buruk menyeret seseorang ke dalam jurang ketidakbahagiaan dan kelelahan, berikut langkah sederhana untuk memanfaatkan kekuatan stres dengan cara yang positif, seperti dilansir Huffingtonpost, Rabu (4/2).

Berfikir positif pada diri sendiri

Jika mendapat respon negatif, jangan terburu-buru untuk dimasukkan ke dalam pikiran. Respon-respon negatif selalu menghampiri kita, namun jangan sampai kita menilai sesuatu tanpa memahami maksudnya terlebih dahulu. Ubah arah pikiran kita dan jadikan respon negatif yang muncul menjadi suatu motivasi dan komentar bermanfaat sehingga dapat membawa kita ke arah yang lebih baik.

Pahami karakteristik diri sendiri

Setiap individu memiliki kebiasaan berbeda, beberapa orang takut berbicara di depan umum, dan beberapa orang lainnya senang bergaul dengan banyak orang. Hal-hal semacam itu dapat memicu stres negatif ketika kita tidak memiliki kontrol penuh pada diri sendiri. Cobalah untuk memahami diri sendiri, dengan melakukan apa yang ingin dilakukan dan tidak melakukan apa yang tidak ingin dilakukan. Hal tersebut bisa mengurangi tingkatan stres karena kita hanya perlu melakukan apa yang seharusnya kita lakukan tanpa perlu merasa takut.

Ubah gaya hidup

Lingkungan modern saat ini tampak lebih memberikan tantangan daripada memberikan inspirasi bagi manusia. Melakukan pekerjaan yang tidak kita sukai atau bersama dengan orang yang menyebalkan, akan menimbulkan dampak negatif dari stres. Kita bisa mengubah gaya hidup sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk membantu mengurangi dampak buruk stres, seperti penuaan dini, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kerusakan otak, dan ancaman gangguan mental.

Menjadikan kesempatan sulit sebagai tantangan

Kesempatan sulit kerap kali datang dan dianggap sebagai hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun, pemikiran semacam itu hanya akan memberikan efek negatif bagi psikologi seseorang akibat stres. Kita dapat memulai untuk menjadikan kesempatan sulit yang ada sebagai suatu tantangan baru dan positif. Dengan demikian, tubuh akan termotivasi dan produktifitas, fokus, dan kinerja kita secara keseluruhan akan meningkat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement