Selasa 03 Feb 2015 10:43 WIB

Ogah Diselingkuhi, Kencan Saja dengan Pria Introvert

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Laki-laki introvert (ilustrasi)
Foto: News
Laki-laki introvert (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menjadi seorang ekstrovert rasanya sulit untuk berhubungan dengan seorang introvert. Banyak orang tak mengerti hal-hal mendasar tentang orang introvert, bahkan banyak yang memandang penuh stereotip.

Kadang orang introvert dinilai aneh, sulit dimengerti, juga suka menarik diri dari lingkungannya. Namun, tahukah Anda? Berhubungan dengan seorang introvert memiliki banyak keuntungan dan manfaat. Nah, apa yang harus Anda ingat ketika berhubungan dengan tipe ini?

Berikut pemaparannya, dilansir dari Body and Soul, Selasa (3/2).

Introvert tidak bisa menjadi ekstrovert

Ini adalah kesalahan paling umum kebanyakan orang ketika berhadapan dengan seorang introvert. Ingat, Anda tidak bisa mengubah temperamen mereka dan tidak ada gunanya berjuang mengubah kepribadian mereka dari introvert menjadi ekstrovert. Memaksa mereka akan menjadi keputusan terburuk yang Anda pilih. Anda tidak bisa memaksa pasangan Anda untuk lebih banyak bertanya atau menceritakan lelucon. Jangan pula mendesak pasangan Anda untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kepribadiannya di depan umum, sebab itu hanya akan mempermalukannya. Sangat sulit dan hampir mustahil mengubah orang lain.

Mereka butuh lebih banyak waktu Anda

Kadang seorang ekstrovert merasa frustasi berpasangan dengan seorang introvet. Hal itu karena seorang introvert lebih banyak butuh waktu untuk sendiri. Ini bukan berarti orang introvert tak ingin menghabiskan setiap detik bersama pasangan, namun mereka akan menderita jika terlalu intensif bersama pasangan. Keheningan dan kesendirian memang sangat disukai orang introvert. Anda harus mencoba untuk memahami ini dan tidak tersinggung. Jika Anda tidak bisa menyesuaikan diri, maka hubungan Anda akan memburuk.

Kejujuran adalah nilai plus seorang introvert

Sebuah keuntungan besar dari memiliki pasangan introvert adalah mereka akan selalu jujur dengan pasangannya, tentang perasaan dan pikiran. Introvert memusatkan perhatian pada orang yang mereka cintai, sedang seorang ekstrovert banyak yang berpikiran dangkal, suka berpura-pura, dan kadang berbohong pada pasangan. Anda tak perlu takut pasangan Anda yang introvert akan berselingkuh, karena mereka tak akan melakukannya. Jika Anda mengencani seorang introvert, Anda bisa yakin bahwa Anda lah satu-satunya dalam hidupnya. Selain itu, seorang introvert cenderung berpikir untuk berhubungan jangka panjang sebab mereka sangat pemilih soal pasangan hidup.

Tunjukkan toleransi dan kepuasan

Kadang sangat sulit menerima keanehan orang introvert sebab mereka punya keinginan yang berbeda. Anda ingin pergi ke pesta, dia ingin tinggal di rumah. Si introvert tidak akan menjadi milik Anda 100 persen. Mereka sangat peka dengan perasaan mereka. Anda harus memberinya banyak waktu untuk menjalani proses itu. Ingat, kompromi dan toleransi adalah akar dari hubungan sehat dan tahan lama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement