Selasa 03 Feb 2015 09:30 WIB

Berkencan dengan Pasangan Introvert Mampu Minimalisasi Konflik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Pasangan introvert jauh lebih menarik
Foto: News
Pasangan introvert jauh lebih menarik

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Menjadi seorang ekstrovert rasanya sulit untuk berhubungan dengan seorang introvert. Banyak orang tak mengerti hal-hal mendasar tentang orang introvert, bahkan banyak yang memandang penuh stereotipe.

Kadang orang introvert dinilai aneh, sulit dimengerti, juga suka menarik diri dari lingkungannya. Namun, tahukah Anda? Berhubungan dengan seorang introvert memiliki banyak keuntungan dan manfaat.

Nah, apa yang harus Anda ingat ketika berhubungan dengan tipe ini? Berikut pemaparannya, dilansir dari Body and Soul, Selasa (3/2).

Diam bukan tanda keterasingan

Gaya dalam berkomunikasi adalah hal paling mencolok dan signifikan bagi orang introvert. Mereka lebih banyak diam di sebagian besar waktu, sehingga Anda harus memulai lebih banyak percakapan, meski kadang itu melelahkan. Ketika seorang pria ekstrovert tidak mengajukan pertanyaan atau bercandaan kepada wanita introvert, maka kemungkinan besar si wanita tidak akan tertarik pada si pria. Kondisi berbeda terjadi pada pria introvert. Mereka memang kurang banyak bicara, namun setiap kali melakukan percakapan, itu berarti benar-benar penting bagi mereka. Seorang introvert tidak suka membuang-buang waktu untuk pembicaraaan konyol.

Konflik berkurang

Jika Anda memiliki pasangan introvert, maka kalian berdua akan jarang terlibat konflik parah, apalagi perkelahian. Orang introvert tidak pernah bertindak dan berbicara gegabah. Mereka membutuhkan banyak waktu untuk merenungkan banyak hal. Bisa saja Anda lupa ingin membicarakan pembicaraan tiga hari lalu, namun pasangan Anda yang introvert bisa saja berbicara hal itu beberapa hari kemudian dan mereka masih mengingat hal itu. Bagi seorang introvert, tekanan berlebihan hanya akan menimbulkan ketidakpercayaan dan kebencian.

Kehidupan sosial akan berbeda

Bersiaplah bahwa pasangan introvert Anda tidak akan pernah menjadi pusat perhatian di pesta, saat Anda mengajaknya ke reuni teman-teman SMA, atau ketika kalian bertemu dengan orang-orang tak dikenal. Orang introvert bahkan tak memiliki keterampilan komunikasi, namun mereka tidak anti-sosial. Mereka hanya perlu waktu lebih untuk bisa dekat dan bersosialisasi dengan orang lain.

Anda juga harus siap menghabiskan sejumlah besar waktu di rumah untuk membaca atau menonton televisi dengan pasangan yang introvert sebab itulah yang mereka sukai. Ajakan dan kejadian spontan yang tidak direncanakan hanya akan membuat mereka stres dan ini tidak diinginkan orang-orang introvert. Mereka umumnya merencanakan kegiatannya. Anda tidak bisa mengajak pasangan introvert Anda keluar setiap hari, namun jika itu direncanakan dengan baik sebelumnya, mereka akan lebih percaya diri dan nyaman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement