Sabtu 31 Jan 2015 17:14 WIB

Kiat Mengubah Hobi Jadi Bisnis

Jika memiliki hobi, terus dalami, agar suatu saat bisa menghasilkan bisnis yang menguntungkan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Jika memiliki hobi, terus dalami, agar suatu saat bisa menghasilkan bisnis yang menguntungkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Melakukan hobi kemudian dibayar mungkin menjadi impian banyak orang. Namun untuk mewujudkan hal itu ada aturan yang harus Anda patuhi.

Situs Get Rich Slowly, yang mendapat menghargaan blog terbaik 2011 dari majalah Time dan “blog keuangan paling menginspirasi” dari majalah Money, menuliskan “aturan dasar” menjalankan bisnis dari hobi, seperti dilansir dari www.parentsindonesia.com.

Fokus pada kegiatan yang Anda sukai

Intinya, jangan memilih hobi karena alasan keuntungan. Anda sebaiknya menjalankan hobi yang benar-benar Anda sukai.

Berpikir kreatif

Tanyakan kepada diri Anda, “Kemampuan apa yang Anda punya tapi tidak dimiliki orang lain?” Temukan sesuatu dalam diri Anda yang membuat orang lain mau membayar kemampuan Anda.

Jangan paksakan diri

Harus diakui, hobi sulit membuat Anda kaya. Jangan terobsesi menumpuk kekayaan dari hobi Anda. Namun juga jangan berkecil hati. Anda bisa menghasilkan uang yang cukup, minimal Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi untuk membiayai hobi yang dilakukan dengan intens.

Jangan meremehkan kemampuan Anda

Karena Anda penghobi paper crafting, mungkin Anda merasa semua orang tahu tea bag folding. Jika Anda jeli melihat potensi diri, mungkin Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan yang melayani pembuatan kartu ucapan dengan dasar tea bag folding, seni melipat kertas dari Eropa yang berbeda dengan origami Jepang.

Promosikan diri Anda

Ceritakan hobi Anda kepada teman, keluarga, dan tetangga dengan menyelipkan ke dalam pembicaraan sehari-hari.

Asah kemampuan

Teruslah berlatih dan mendalami hobi. Semakin bagus hasil kerajinan tangan Anda, semakin banyak disukai orang, maka peluang mendapat uang semakin besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement