Selasa 27 Jan 2015 12:41 WIB

Pria, Coba Pikir Dua Kali untuk Jadi Vegetarian

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria vegan memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.
Foto: pixabay
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria vegan memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada berbagai macam alasan seseorang mungkin ingin menjadi vegetarian. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dengan menjadi vegetarian tampaknya tidak disukai oleh laki-laki.

Sepanjang 2009-2013, Loma Linda University melakukan penelitian terhadap 443 responden pria yang suka mengonsumsi daging dan 31 vegan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria vegan memiliki jumlah sperma lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak.

Dilansir dari Fashion Spot, Selasa (27/1), pria yang suka memakan daging memiliki jumlah sperma rata-rata 70 juta sperma per mililiter (ml), sedangkan mereka yang vegetarian hanya 50 juta sperma per ml.

"Orang-orang yang kurang subur ini membutuhkan usaha ekstra jika ingin memiliki anak secara alami dengan pasangannya," kata Dr Eliza Orzylowska, salah seorang peneliti.

Mereka yang vegetarian biasanya kekurangan vitamin B12 yang terutama ditemukan dalam daging dan ikan yang berperan mempertahankan jumlah sperma. Mereka yang vegetarian terkadang juga lebih banyak terpapar pestisida yang mungkin belum hilang bersih dalam sayuran.

Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan. Pasalnya, penelitian lain menunjukkan bahwa mereka yang vegetarian memiliki keuntungan lain, yaitu usianya lebih panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement