Ahad 25 Jan 2015 10:01 WIB

Ingin Rumah Bersih dengan Cepat? Jangan Lakukan Multitasking

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Perempuan membersihkan rumah/ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Perempuan membersihkan rumah/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Membersihkan rumah merupakan pekerjaan yang cukup berat bagi perempuan. Mulai dari menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju dan beragam pekerjaan rumah lainnya. Belum lagi harus memasak, mengurus anak dan suami. Rasanya ingin cepat-cepat menyelesaikan semua pekerjaan rumah.

Sementara, pekerjaan kantor pun menumpuk bagi perempuan yang juga bekerja. Bagaimana mengantisipasinya? Berikut kiat membersihkan rumah dengan cepat seperti dikutip dari laman Allwomenstalk, Ahad (25/1).

Jangan lakukan multitasking 

Melakukan multitasking, atau melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, memang biasanya menjadi pilihan para perempuan. Misalnya sambil mengerjakan pekerjaan kantor yang menumpuk di rumah, ibu juga memasak atau sekadar menyuapi anak.

Namun, disarankan jangan melakukan hal tersebut. Mengapa? Dengan multitasking, Anda memang bisa melakukan banyak hal sekaligus, tapi kadang-kadang justru malah jadi merepotkan.

Tidak ada yang Anda kerjakan dengan fokus dan semua malah jadi berantakan. Anda tidak konsentrasi dengan pekerjaan kantor dan masakan Anda bisa menjadi gosong.

Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya Anda konsentrasi pada satu pekerjaan dahulu. Setelah selesai, barulah kerjakan hal lainnya. Dengan cara itu Anda bisa memberikan perhatian penuh pada pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Sementara pekerjaan lainnya tidak terganggu.

Kumpulkan peralatan bersih-bersih

Untuk mempermudah Anda membersihkan rumah, sebaiknya Anda mengumpulkan semua peralatan bersih-bersih Anda di satu tempat. Mulai dari, sapu, kain pel, lap kain, kemoceng bahkan sampai sabun dan kebutuhan bersih-bersih lainnya.

Sehingga jika Anda memerlukannya dengan cepat, Anda sudah hapal tempatnya dan tidak membuang waktu mengambilnya mondar-mandir ke beberapa tempat atau justru Anda malah bisa lupa menaruhnya dimana. Dengan menempatkannya disatu tempat sentral secara bersamaan akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan lebih cepat selesai.

Simpan barang pada kotak tersembunyi

Ketika tiba saatnya untuk membersihkan rumah, simpanlah barang dalam kotak-kotak tersembunyi. Ini bisa menghemat waktu dan energi. Misalnya, untuk mainan anak, sediakan wadah atau kotak khusus untuk mainan. Kemudian simpan kotak itu di bawah kasur anak.

Lain hal lagi untuk buku, majalah dan sejenisnya, simpanlah dalam lemari, laci atau rak buku. Begitupula dengan pakaian kotor, sediakan ember atau keranjang besar dikamar mandi. Sama halnya dengan sampah, sediakan tempat sampah yang tertutup. Dengan begitu, Anda akan mudah membersihkan dan membereskanya. Sehingga tidak tercecer ke mana-mana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement